MANAJEMEN PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA KURIKULUM SANGGAR GENIUS DALAM PROGRAM PENDIDIKAN LAZNAS YATIM MANDIRI (STUDI LAPANGAN DI YATIM MANDIRI CABANG MADIUN, PONOROGO DAN YOGYAKARTA)

Supriyatno, S.Pd.I, NIM.: 1520411086 (2019) MANAJEMEN PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA KURIKULUM SANGGAR GENIUS DALAM PROGRAM PENDIDIKAN LAZNAS YATIM MANDIRI (STUDI LAPANGAN DI YATIM MANDIRI CABANG MADIUN, PONOROGO DAN YOGYAKARTA). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA KURIKULUM SANGGAR GENIUS DALAM PROGRAM PENDIDIKAN LAZNAS YATIM MANDIRI (STUDI LAPANGAN DI YATIM MANDIRI CABANG MADIUN, PONOROGO DAN YOGYAKARTA))
1520411086_BAB_I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA KURIKULUM SANGGAR GENIUS DALAM PROGRAM PENDIDIKAN LAZNAS YATIM MANDIRI (STUDI LAPANGAN DI YATIM MANDIRI CABANG MADIUN, PONOROGO DAN YOGYAKARTA))
1520411086_BAB_II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pendidikan yang sekarang semakin banyak terdegradasi di bidang kejujuran dan akhlak. Terdapat problematika pada peserta didik sekarang ini diantaranya: anak tidak jujur saat ujian dan kurang menghargai guru dan orang yang lebih tua. Pondasi pendidikan formal dalam dunia pendidikan di Indonesia adalah pada anak-anak tingkat sekolah dasar. Pada fase ini ditanamkan nilai-nilai kejujuran dan akhlak terpuji sebagai bekal hidup mereka dengan menanamkan logika berfikir yang benar sehingga tahu benar dan salah. Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di Graha Laznas Yatim Mandiri Pusat, Yatim Mandiri cabang Madiun, Ponorogo dan Yogyakarta dengan meneliti penerapan manajemen pembelajaran efektif pada kurikulum sanggar genius. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedang untuk menganalisis data digunakan analisis model Miles dan Hubermen, yaitu analisis model interaktif dengan langkahlangkah; pengumpulan data, data reduction, data display, dan data verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Sanggar Genius adalah program pendidikan Laznas Yatim Mandiri yang memberdayakan anak-anak yatim dan dhuafa untuk bisa mandiri (cerdas, jujur, santun dan tangguh) untuk anak tingkat SD/MI sederajat yang terlaksana sejak awal tahun 2011. Manajemen pembelajaran efektif pada kurikulum Sanggar Genius kunci utama terletak pada guru. Guru sanggar diposisikan seorang manajer di dalam organisasi kelas atau sanggar. Sebagai seorang manajer, aktivitas guru mencakup kegiatan merencanakan, mengorganisir, memimpin dan mengevaluasi hasil belajar mengajar yang dikelolanya dengan panduan kurikulum yang sudah di bentuk oleh tim manajemen Yatim Mandiri Pusat. Dampak dari implementasi kurikulum sanggar genius dalam mengoptimalkan manajemen pembelajaran efektif: 1) Guru mudah mengelola kelas, 2) Anak lebih semangat belajar, berkompetisi, aktif, akhlak dan sopan santun meningkat, 3) Logika berfikir anak terbentuk sehingga mengerti benar dan salah, 4) Mental santri binaan semakin baik. 5) Prestasi di sekolah meningkat. Kendala yang dihadapi: 1) Guru kekurangan inovasi. 2) Anak-anak mudah menyerah ketika menghadapi soal yang sulit. 3)8 Beberapa anak merasa kesulitan dengan soal dari level yang mungkin belum pernah dipelajari sebelumnya. 4) Peran ibu, orang tua / wali yang kurang memperhatikan anaknya, karena fokus mencari nafkah untuk kebutuhan sehari-hari. 5) Anak cepat jenuh.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Hamruni, M.Si
Uncontrolled Keywords: Manajemen pembelajaran efektif, kurikulum sanggar genius, Laznas Yatim Mandiri.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: dra. Retno Wuri W
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:48
Last Modified: 13 Jul 2022 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41240

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum