POLA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS GOLDEN HABITS DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK YOGYAKARTA

ARHAM JUNAIDI FIRMAN, NIM. 17204010052 (2019) POLA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS GOLDEN HABITS DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (POLA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS GOLDEN HABITS DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK YOGYAKARTA)
17204010052_BAB I_BAB_IV_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (POLA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS GOLDEN HABITS DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK YOGYAKARTA)
17204010052_BAB II_sampai_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena dunia pendidikan sedang mengalami ujian dan tantangan yang cukup berat. Salah satunya adalah terjadinya kemerosotan pada nilai-nilai karakter yang ditandai dengan seringnya dijumpai tindak kekerasan psikis ataupun moral. Penelitian ini difokuskan pada pola penguatan pendidikan karakter berbasis golden habits di SMP Muhammadiyah 1 Depok Yogyakarta. Ada tiga sub fokus dalam penelitian ini, yaitu perencanaan penguatan pendidikan karakter, pelaksanaan penguatan pendidikan karakter dan evaluasi penguatan pendidikan karakter berbasis golden habits di SMP Muhammadiyah 1 Depok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan dan pengampu kegiatan golden habits di SMP Muhammadiyah 1 Depok. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa (1) Perencanaan penguatan pendidikan karakter berbasis golden habits dilakukan melalui sosialisasi kepada praktisi pendidikan, penjabaran ke dalam visi, misi dan tujuan sekolah, mendesain dan merumuskan kegiatan penguatan pendidikan karakter melalui pembiasaanpembiasaan dengan mengintegrasikan nilai karakter yang terdapat dalam Perpres No. 87 tahun 2017. (2) Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter berbasis golden habits, meliputi pelaksanaan penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan hafalan ayat-ayat Al-Qur’an pilihan di luar juz 30, hafalan pilihan dan wajib juz 30, mufrodat dan mahfudzat bahasa Arab, Inggris dan Jawa, amalan ibadah harian yang diputuskan oleh majelis tarjih. (3) Evaluasi penguatan pendidikan karakter berbasis golden habits dilakukan melalui lembar observasi dengan bentuk jurnal, lembar evaluasi, lembar observasi, penilaian akhir semester dan selama melaksanakan proses kegiatan golden habits.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nur Hidayat, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Penguatan Pendidikan Karakter, Golden Habits, SMP Muhammadiyah 1 Depok
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: dra. Retno Wuri W
Date Deposited: 21 Oct 2020 10:33
Last Modified: 21 Oct 2020 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41244

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum