IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS INKLUSI DI SD NEGERI 1 SUROTRUNAN KECAMATAN ALIAN KABUPATEN KEBUMEN PROVINSI JAWA TENGAH

Wahidah Rahman Noor Malitasari, NIM: 1520411084 (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS INKLUSI DI SD NEGERI 1 SUROTRUNAN KECAMATAN ALIAN KABUPATEN KEBUMEN PROVINSI JAWA TENGAH. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS INKLUSI DI SD NEGERI 1 SUROTRUNAN KECAMATAN ALIAN KABUPATEN KEBUMEN PROVINSI JAWA TENGAH)
1520411084_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS INKLUSI DI SD NEGERI 1 SUROTRUNAN KECAMATAN ALIAN KABUPATEN KEBUMEN PROVINSI JAWA TENGAH)
1520411084_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tesis ini berjudul Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Inklusi di SD Negeri 1 Surotrunan Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah. Judul tesis tersebut dilatar belakangi oleh perkembangan pendidikan diera modern saat ini, dimana setiap anak berhak untuk memperoleh pendidikan yang bermutu. Hal ini sejalan dengan yang diamanatkan UUD 1945 pada pasal 32 ayat (1) yang menegaskan bahwa “setiap warga berhak mendapatkan pendidikan”. Salah satu sistem pendidikan yang dapat mengakomodir siswa berkebutuhan khusus adalah sistem pendidikan inklusi, yaitu sistem penyelenggaraan pedidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan namun memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam satu lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya. Salah satu mata pelajaran yang dipelajari oleh setiap siswa di sekolah dasar adalah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). SDN 1 Surotrunan Alian Kebumen adalah salah satu sekolah yang menerapkan sistem pendidikan inklusi. Oleh karena itu untuk menciptakan pembelajaran yang berkwalitas, utamanya pada pelajaran PAI di SDN 1 Surotrunan Alian Kebumen diperlukan sistem pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan siswa berkebutuhan khusus tersebut. Untuk melihat hal tersebut maka peneliti merasa tertarik untuk mengkaji Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Inklusi di SD Negeri 1 Surotrunan tersebut. Untuk menjawab penelitian ini, peneliti melakukan penelitian lapangan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara aktif, observasi lapangan, dan dokumentasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kulitatif. Adapun sumber informan yang diambil sebanyak 4 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Pembelajaran PAI berbasis inklusi di SDN 1 Surotrunan dimulai dari penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). RPP disusun dan dimodifikasi sesuai dengan kondisi dan kemampuan siswa berkebutuhan khusus. Kemudian dari segi pelaksanaan pembelajaran,ix guru PAI menggunakan pendekatan student centered yang menekankan perbedaan individual setiap siswa. Guru memberikan kesempatan mobilitas tinggi atau perhatian lebih kepada anak ketika proses pembelajaran PAI belangsung utamanya kepada siswa berkebutuhan khusus. Komponen kurikulum PAI berbasis inklusi yang diterapkan terdiri dari komponen tujuan, komponen materi kurikulum dan komponen metode pembelajaran. Adapun faktor penghambat implementasi Pembelajaran PAI berbasis inklusi di SDN 1 Surotrunan adalah keterbatasan jumlah SDM atau guru PAI, kondisi psikologis siswa berkebutuhan khusus yang sering mengalami down, kurangnya motivasi belajar siswa, dan intensitas jam mata pelajaran PAI dalam 1 minggu yang masih rendah. Sementara untuk faktor pendukungnya adalah sarana dan prasarana pembelajaran PAI yang memadai, adanya guru pembimbing khusus yang berfungsi sebagai penguat pembelajaran PAI, dan adanya peran serta orang tua yang maksimal dalam membantu siswa disabilitas untuk memahami materi-materi pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H, Radjasa, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Inklusi, Implementasi, Pembelajaran PAI, SDN 1 Surotrunan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Inklusif
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: dra. Retno Wuri W
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:47
Last Modified: 18 Nov 2020 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41245

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum