PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI DI TK PAMARDI SIWI SLEMAN YOGYAKARTA

Hj Rahimah, NIM: 17204030022 (2019) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI DI TK PAMARDI SIWI SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI DI TK PAMARDI SIWI SLEMAN YOGYAKARTA)
17204030022 BAB II_ III_ IV.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI DI TK PAMARDI SIWI SLEMAN YOGYAKARTA)
17204030022 BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (12MB)

Abstract

Pola asuh orang tua sangat berperan penting untuk kecerdasan anak, terutama dalam kecerdasan intrapersonal dan interpersonal, kecerdasan intrapersonal ialah mengenai kemampuan anak untuk mengelola perasaan dan kesadaran diri sendiri, sedangkan kecerdasan interpersonal, ialah mengenai kemampuan anak untuk berhubungan dengan orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, mengetahui ketegori pola asuh yang diterapkan di TK Pamardi Siwi. Kedua, mengetahui tingkat kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal anak di TK Pamardi Siwi. Ketiga, mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal anak di TK Pamardi Siwi. Jenis penelitian dalam tesis ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif dan uji inferensial dengan pendekatan kuantitatif. Hasil yang diperoleh setelah dilakukan perhitungan dengan pengujian hipotesis adalah: Pertama, pola asuh yang lebih dominan di terapkan di TK Pamardi Siwi ialah pola asuh demokratis. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan presentasi sebanyak 21 responden (70%) dalam kategori pola asuh demokratis, 6 responden (20%) dalam kategori pola asuh permisif, dan 3 reponden (10%) dalam kategori pola asuh otoriter. Kedua, tingkat kecerdasan intrapersonal anak di TK Pamardi Siwi ialah 18 responden kategori berkembang sangat baik (BSB) yang mencapai presentase (60%) dari kategori yang lainnya, 10 responden (33,3%) dalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dan 2 responden (6,7%) dalam kategori mulai berkembang (MB). Untuk tingkat kecerdasan interpersonal di TK Pamardi Siwi, 23 anak (76,7%) dalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH), 4 responden (13,3%) dalam kategori berkembang sangat baik (BSB) dan 3 responden (10,0%) dalam kategori mulai berkembang (MB). Ketiga, adanya pengaruh pola asuh orang tua terhadap kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal. Hal ini dilihat dari hasil analisis (X) terhadap (Y1) didapatkan rxy1 = 433, dengan jumlah responden 30 anak pada taraf signifikansi 0,05 rtabel = 0,361 dan nilai probabilitas 0,017. Dari perhitungan tersebut menunjukkan probabilitas = 0,017 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dan untuk hasil analisi (X) terhadap (Y2) didapatkan rxy2 = 418, dengan jumlah responden 30 anak pada taraf signifikansi 0,05 rtabel = 0,361 dan nilai probabilitas 0,022. Dari perhitungan tersebut menunjukkan probabilitas = 0,022 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Kawardi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Kecerdasan Intrapersonal, Kecerdasan Interpersonal.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User / Editor: dra. Retno Wuri W
Date Deposited: 23 Oct 2020 13:13
Last Modified: 23 Oct 2020 13:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41249

Actions (login required)

View Item View Item