PENGARUH PEMBELAJARAN MEMBACA DENGAN READING ALOUD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KREATIVITAS ANAK DI TK PKK MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Muzdhalifah, NIM: 17204030023 (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN MEMBACA DENGAN READING ALOUD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KREATIVITAS ANAK DI TK PKK MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN MEMBACA DENGAN READING ALOUD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KREATIVITAS ANAK DI TK PKK MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
17204030023_BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBELAJARAN MEMBACA DENGAN READING ALOUD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KREATIVITAS ANAK DI TK PKK MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
17204030023_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan membaca pada anak merupakan produk belajar, kemampuan membaca bukan bawaan dari lahir, oleh karena itu membaca dapat dipelajari dan kemampuannya dapat ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat tingkat kemampuan membaca anak dengan reading aloud, melihat tingkat motivasi belajar dan kreativitas anak, dan untuk melihat bagaiamana pengaruh pembelajaran membaca dengan reading aloud, terhadap motivasi belajar dan kreativitas anak TK PKK Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian mix methods, yaitu suatu langkah penelitian dengan menggabungkan dua bentuk pendekatan penelitian yang mengkombinasikan antara penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan strategi Eksplanatoris Sekuansial. Penelitian ini dilakukan karena diduga kemampuan membaca dengan reading aloud dipengaruhi oleh motivasi belajar dan dari proses pembelajaran membaca dengan reading aloud tersebut memunculkan kreativitas. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengambil sampel dari suatu populasi yang menggunakan kuesioner angket sebagai alat pengumpulan data, kemudian dilanjutkan dengan interview untuk mendapatkan data kualitatif. Hasil setelah dilakukan perhitungan, menjawab rumusan masalah yang ke-1 yaitu tingkat kemampuan membaca dengan reading aloud masuk dalam kategori (BSB) dilihat dari hasil observasi kemampuan membaca anak di depan kelas, yang ke- 2 tingkat motivasi belajar anak masuk kategori (BSB) dilihat dari hasil wawancara tingkat motivasi belajar anak tergolong baik dilihat dari keseriusan anak dalam mendengarkan cerita, dan kreativitas anak masuk kategori (BSH) dilihat dari hasil aktivitas anak ketika bertanya anak menyampaikan pendapatnya terkait pembelajaran yang sedang berlangsung, yang ke-3 adanya pengaruh variabel (X) terhadap variabel (Y1). Hal ini dilihat dari hasil taraf signifikansi 0,05 dengan probabilitas 0,007 dari perhitungan menunjukkan probabilitas = 0,007 < 0,05 maka Ho ditolak yang berarti ada pengaruh antara variabel (X) terhadap variabel (Y1). sehingga hipotesis dari penelitian ini terbukti. Dan terakhir adanya pengaruh variabel (X) terhadap variabel (Y2). Hal ini dilihat dari hasil taraf signifikansi 0,05, rtabel = 0,460 dan nilai probabilitis 0,001. Dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan probabilitas = 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak sehingga hipotesis yang menunjukkan adanya pengaruh antara variabel (X) terhadap variabel (Y2) terbukti, dan dari hasil wawancara, observasi ditemukan bahwa guru menggunakan strategi reading aloud untuk membuat anak termotivasi untuk belajar membaca serta mengembangkan kreativitas anak melalui membaca tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Khamim Zarkasih Putro, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Membaca, Reading Aloud, Motivasi Belajar, Kreativitas, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: dra. Retno Wuri W
Date Deposited: 23 Oct 2020 13:12
Last Modified: 23 Oct 2020 13:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41250

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum