PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DAN RAMAH LINGKUNGAN DALAM PENGEMBANGAN SOSIOEMOSIONAL ANAK USIA DASAR DI SDN NGUPASAN YOGYAKARTA

MUHAMMAD MAJDI, NIM. 17204080029 (2019) PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DAN RAMAH LINGKUNGAN DALAM PENGEMBANGAN SOSIOEMOSIONAL ANAK USIA DASAR DI SDN NGUPASAN YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DAN RAMAH LINGKUNGAN DALAM PENGEMBANGAN SOSIOEMOSIONAL ANAK USIA DASAR DI SDN NGUPASAN YOGYAKARTA)
17204080029_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DAN RAMAH LINGKUNGAN DALAM PENGEMBANGAN SOSIOEMOSIONAL ANAK USIA DASAR DI SDN NGUPASAN YOGYAKARTA)
17204080029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (11MB)

Abstract

Perkembangan sosial emosional yang positif atau baik merupakan prediktor untuk kesuksesan dalam bidang akademik, kognitif, sosial dan emosional dalam kehidupan anak selanjutnya. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ngupasan Yogyakarta karena sekolah ini menerapkan dua program pendidikan sekaligus, oleh karena itu peneliti dapat melihat sejauh mana hasil pencapaian dari program Sekolah Ramah Anak dan Adiwiyata dalam pengembangan sosio emosional anak. Jenis penelitian ini adalah Field research menggunakan Pendekatan Kualitatif dan metode diskriptif. Subjek data primer dalam penelitian adalah kepala Sekolah, Sekretaris dan koordinator program Sekolah Ramah Anak dan program Sekolah Ramah Lingkungan (Adiwiyata), guru, orang tua peserta didik, dan peserta didik SDN Ngupasan Yogyakarta. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan triangulasi yang dimulai dari reduksi data, penyajian data sampai pada penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Sekolah Ramah Anak dan Ramah Lingkungan memiliki kontribusi dalam pengembangan sosio emosional anak usia dasar di SDN Ngupasan Yogyakarta. (A) Tahapan Program Sekolah Ramah anak meliputi (1) Kebijakan anti kekerasan, (2) Pelaksanaan Kurikulum. (3) Pendidik dan tenaga kependidikan terlatih hak-hak anak. (4) Sarana dan Prasarana. (5) Partisipasi peserta didik. (6) Partisipasi orang tua.x Kontribusi yang didapatkan dari Implementasi Program Sekolah Ramah Anak dalam pengembangan sosio emosional anak usia dasar adalah peserta didik dapat menghargai orang lain, lebih bisa mengontrol emosi, responsif, terikat figur orang tua, peduli, meniru temannya, dapat memainkan permainan yang memakai aturan dan menciptakannya, kelas tinggi relatif berteman sesama jenis, mengikuti sebuah kejadian/acara, percaya diri, toleransi, bekerjasama dan bertanggung jawab, dan cenderung menghabiskan waktu bersama temannya. (B) Tahapan Program sekolah Ramah Lingkungan meliputi (1) Kebijakan berwawasan lingkungan. (2) Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan. (3) Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif. (4) Pengelolaan sarana pendukung ramah lngkungan. Kontribusi dari Implementasi Program Sekolah Ramah Lingkungan dalam pengembangan sosio emosional anak usia dasar adalah anak mampu mengontrol emosi, membantu dan senang bekerjasama serta bertanggung jawab, responsif, dapat memainkan permainan memakai aturan dan dapat menciptakannya, peduli, sensitif, lebih percaya dan mandiri, terikat pada figur orang tua.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Suyadi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Program Sekolah ramah Anak, Program Sekolah Ramah Lingkungan (Adiwiyata), Pengembangan Sosio Emosional Anak Usia dasar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User / Editor: dra. Retno Wuri W
Date Deposited: 23 Oct 2020 13:11
Last Modified: 23 Oct 2020 13:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41251

Actions (login required)

View Item View Item