KONSEP I'JAZ AL QUR'AN DALAM PERSPEKTIF MAZHAB TAFSIR SASTRA ( Studi Komparatif Pemikiran 'Aisyah Abdurrahman Bintu Al Syati' dan Nasr Hamid Abu Zayd)

Nuril Hidayah, NIM. 00530085 (2006) KONSEP I'JAZ AL QUR'AN DALAM PERSPEKTIF MAZHAB TAFSIR SASTRA ( Studi Komparatif Pemikiran 'Aisyah Abdurrahman Bintu Al Syati' dan Nasr Hamid Abu Zayd). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KONSEP I'JAZ AL QUR'AN DALAM PERSPEKTIF MAZHAB TAFSIR SASTRA ( Studi Komparatif Pemikiran 'Aisyah Abdurrahman Bintu Al Syati' dan Nasr Hamid Abu Zayd))
00530085_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (KONSEP I'JAZ AL QUR'AN DALAM PERSPEKTIF MAZHAB TAFSIR SASTRA ( Studi Komparatif Pemikiran 'Aisyah Abdurrahman Bintu Al Syati' dan Nasr Hamid Abu Zayd))
00530085_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Al-Qur'an merupakan kitab yang terus menginspirasi pembacanya, baik yang mengimaninya atau tidak, untuk terus mengkajinya dari berbagai segi dan berbagai perspektif Berbagai metode kajian kemudian muncul untuk berusaha mencapai pemahaman yang dinilai paling tepat terhadapnya. Manhaj adabi yang digagas oleh Mazhab Tafsir Sastra adalah salah satu di antaranya Mazhab yang dikembangkan Amin al-Khali ini meyakini bahwa al-Qur'an adalah sebuah kitab yang bahasanya berkualitas I’jazi karena mampu mempengaruhi jiwa pembacanya. Maka dari itu mazhab ini menawarkan pendekatan sastra sebagai pendekatan yang harus mendahului pendekatan lain dalam mengkaji al-Qur'an. Akan tetapi kemudian, para penganut mazhab ini mendapat tuduhan akan mereduksi sakralitas al-Qur'an, padahal manhaj adabi yang digagasnya dibangun di atas keyakinan terhadap I’jaz, sebuah konsep yang dibangun untuk menegaskan sakralitasnya Atas dasar itu konsep I’jaz al-Qur'an dalam mazhab ini perlu dikaji. Di sisi lain dalam mazhab ini juga terjadi perbedaan Aisyah Abdurrahman Bintu al-Syati yang berusaha mengaplikasikan metode Amin al Khüll dalam kajian anya dituduh oleh Nasr Hamid Abu-Zayd tidak benar benar mengikuti metode al-Khuli, sehingga Abu-Zayd mengeluarkannya dari mazhab al-Khuli Di sisi lain, banyak anggapan bahwa Abu-Zayd adalah wakil terkini mazhab al-Khuli. Hal ini mengindikasikan bahwa dalam kajian I’jaz kedua pemikir ini mempunyai karakteristik yang berbeda Maka dari itu tugas kajian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sebenarnya konsep I’jaz Bintu al Syai dan Abu Zayd serta untuk menyingkap karakteristik pemikiran I’jaz mereka. Kajian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analitis yang diterapkan dengan mendeskripsikan dan menganalisis beberapa unsur pemikiran i'jaz al-Qur'an Bintu al-Syați' maupun Abu-Zayd seperti, dasar-dasar pemikiran implikasi praktis dan kontribusi yang diberikan. Namun sebelum itu pemikiran keduanya terlebih dahulu dikaji secara terpisah dan apa adanya dengan melihat latar belakang pemikiran, kerangka metodologi dan kerangka konseptualnya, Melalui analisis terhadap beberapa aspek dalam konsep I’jaz keduanya, terungkap bahwa pemikiran I’jaz Bintu al-Syati' merupakan upaya penyingkapan keajaiban retorika al-Qur'an yang menyebabkannya menjadi mu’jiz. Sedangkan pemikiran I’Jaz Abu-Zayd merupakan upaya untuk menjelaskan bahwa ada jejak jejak proses tasyakkul dan tasykil budaya di dalam i'jaz al-Qur'an Sedangkan melalui analisis terhadap beberapa aspek pemikiran keduanya terungkap bahwa Bintu al-Syafi' cenderung kepada paradigma mikrosastra, sedangkan Abu-Zayd berada dalam paradigma sastra makro Namun demikian pada akhirnya, letak kemukjizatan bagi mereka sama, yakni bahasa teks al Qur'an. Di sisi lain nampak juga bahwa karakter Bintu al-Syati' dalam mengkaji i'jaz al-Qur'an menjadikannya seorang peneliti, sedangkan Abu-Zayd lebih tepat disebut sebagai seorang pemikir

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs. H.M. Yusron, MA 2. H. Abdul Mustaqim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: I'Jaz Al Qur'an; Tafsir Sastra; Aisyah Abdur Rahman Bintu Asy Syati'; Nasr Hamid Abu Zayd
Subjects: al Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Tafsir Hadist (S1)
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 21 Nov 2020 09:08
Last Modified: 31 Dec 2020 16:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41298

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum