PERAN PESANTREN MASLAKUL HUDA DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT BIDANG PETERNAKAN DI DESA SIDOMUKTI KECAMATAN MERGOYOSO KABUPATEN PATI PROPINSI JAWA TENGAH

Gufron, NIM. 00540160 (2006) PERAN PESANTREN MASLAKUL HUDA DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT BIDANG PETERNAKAN DI DESA SIDOMUKTI KECAMATAN MERGOYOSO KABUPATEN PATI PROPINSI JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERAN PESANTREN MASLAKUL HUDA DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT BIDANG PETERNAKAN DI DESA SIDOMUKTI KECAMATAN MERGOYOSO KABUPATEN PATI PROPINSI JAWA TENGAH)
00540160_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN PESANTREN MASLAKUL HUDA DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT BIDANG PETERNAKAN DI DESA SIDOMUKTI KECAMATAN MERGOYOSO KABUPATEN PATI PROPINSI JAWA TENGAH)
00540160_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Di Tengah berapa tuntutan zaman yang kian modern dan kompetitif. pesantren sebagan agen of cange sudah semestinya turut peduli terhadap nasib masyarakat. Pesantren tidak bisa acuh tak acuh atau pura-pura tidak paham terhadap apa-apa yang yang dibutuhkan masyarakat. Sebab, bila pesantren tidak lagi (care terhadap masyarakat, berarti masyarakat telah melupakan sejarahnya sendiri yang kemunculannya menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat. Dengan potensi yang dimilikinya, pesantren bisa menjadi penyambung lidah atau jembatan antara masyarakat desa dengan tuntutan-tuntutan dunia luar" Tentu, dalam hal ini bukan kiprah riil dalam bidang keilmuan agama, melainkan melakukan kerja-kerja riil bagi kepentingan masyarakat seperti melalui perencanaan strategis pengembangan masyarakat Salah satu diantara sedikit pesantren yang mempunyai progam pengembangan masyarakat adalah Pesantren Maslakul Huda Kajen Pati Dalam penelitian ini, penulis memfokuskan penelitian pada peranan Pesantren Maslakul Huda dalam pengembangan masyarakat bidang peternakan di Desa Sidomukti, salah satu desa binaan Pesantren Maslakul Huda. Metode dan penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif dengan pendekatan SOsiologi agama, yaitu studi interelasi dari agama dan masyarakat serta bentuk-bentuk interaksi yang terjadi antar mereka. Agama dipandang sebagai sebuah lembaga yang memiliki peran dalam kehidupan sosial. Hasil penelitian yang dilakukan penulis yaitu bahwa keterlibatan Pesantren Maslakul Huda dalam pengembangan masyarakat dilandasi dua kerangka dasar teologis dan sosiologis. Teologis dimaksudkan dengan adanya 5 komponen manusia (jasad, perasaan, akal, nafsu dan roh), manusia mempunyai potensi untuk berfikir dan melakukan kerja. Salah satunya adalah pengembangan masyarakat yang merupakan bentuk ibadah sosial. Sedangkan Sosiologis, yaitu bahwa pengembangan masyarakat merupakan wujud kepedulian pesantren terhadap permasalahan masyarakat, mengingat pesantren merupakan lembaga sosial yang mengakar kuat dengan masyarakatnya Adapun strategi Pesantren Maslakul Huda dalam Pengembangan masyarakat bidang peternakan di Desa Sidomukti (desa binaan) yaitu membentuk KSM Margo Lestari, usaha penggemukan sapid an pembuatan pakan temak silase. Pengembangan masyarakat ini berorientasi pada tiga hal pendapatan, kesehatan dan lingkungan hu hup. Seluruh. proses pengembangan masyarakat merupakan upaya penyadaran masyarakat akan permasalahan dan alternatif pemecahannya dengan memobilisasi sumber daya yang ada untuk meningkatkan taraf hidup dan kehidupannya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs. H. Subagyo, M.Ag. 2. Ustadi Hamzah, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pesantren; Pengembangan Masyarakat; Peternakan
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 22 Nov 2020 12:22
Last Modified: 31 Dec 2020 23:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41307

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum