Telaah Kurikulum Madrasah Salafiyah II pondok Pesantren Al-Munawwir, Krapyak, Yogyakarta pada era kepempimpinan KH. Zainal Abidin Munawwir periode 2000-2004

Yusri Fuadah, 01470938 (2005) Telaah Kurikulum Madrasah Salafiyah II pondok Pesantren Al-Munawwir, Krapyak, Yogyakarta pada era kepempimpinan KH. Zainal Abidin Munawwir periode 2000-2004. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Telaah Kurikulum Madrasah Salafiyah II pondok Pesantren Al-Munawwir, Krapyak, Yogyakarta pada era kepempimpinan KH. Zainal Abidin Munawwir periode 2000-2004)
01470938_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (Telaah Kurikulum Madrasah Salafiyah II pondok Pesantren Al-Munawwir, Krapyak, Yogyakarta pada era kepempimpinan KH. Zainal Abidin Munawwir periode 2000-2004)
01470938_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Telaah Kurikulum Madrasah Salafiyah II Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak Yogyakarta pada Era Kepemimpinan KH. Zainal abidin Minawwir Periode Tahun 2000-2004ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh tentang penerapan kurikulum yang ada di Madrasah Salafiyah II Al Munawwir Krapyak Yogyakarta, dan untuk mengetahu hasil yang dicapai dengan penerapan kurikulum yang ada di Madrasah Salafiyah II Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak Yogyakarta. Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian lapangan, dengan subyek penelitiannya, terdiri dari Kepala Madrasah Salafiyah II, Ustadz dari Ustadzah Madrasah Salafiyah II, santri Madrasah, dan bagian kurikulum Madrasah Salafiyah II. Sampel yang digunakan dalam penelitian inidiambil dengan teknik proporsional stratified sampling. Sedangkan dalam pengumpulan datanya, penulis menggunakan metode interview, observasi, dokumentasi, dan angket. Untuk menganalisa data, penulis menggunakan metode deskriptif-analisis. Dari uraian dan analisis data, maka dapat disimpulkan: 1) Kurikulum Madrasah Salafiyah II mampu bertahan dan dapat terlaksana dengan baik sampai sekarang, meskipun kurikulumnya merupakan hasil peyempurnaan dari kurikulum yang diwariskan oleh kepemimpinan KH. Zainal abidin Munawwir sebelum periode 2000-2004. 2) Hasil yang dicapai dengan penerapan kurikulum yang ada di Madrasah Salafiyah II Pondok Pesantren AL MUnawwir Krapyak Yogyakarta pada Kepemimpinan KH. Zainal Abidin Munawwir periode tahun 2000-2004 secara keseluruhan terus mengalami kemajuan dan peningkatan Hal ini terbukti pada tahun ajaran 2000/2001 mencappai hasil 63 % dari seluruh bahan pelajaran yang dapat dikuasai oleh siswa. Pada tahun ajaran 2001/2002 mencapai hasil 69 % dari seluruh bahan pelajaran yang dapat dikuasai oleh siswa. Pada tahun 2002/2003 mencapai 67 % dari seluruh bahan pelajaran yang dapat dikuasai oleh siswa. Tahun ajaran 2003/2004 mencapai 70% dari seluruh bahan pelajaran yang dapat dikuasi oleh siswa. Peningkatan dari tahun ke tahun yang paling signifikan terletak pada keempat komponen kurikulum yaitu tujuan, materi (bahan pelajaran). proses belajar mengajar dan evaluasi. Sebelum periode 2000-2004, materi belum tertata dan tersusun dengan rapi, sehingga dalam penyajiannya masih rancu antara halqoh I'dadiyah, Ula, Tsaniyah dan Tsalitsah. Begitu juga dengan metode. Sebelum periode 2000-2004 metode yang diterapkan di Madrasah Salafiyah II hanya monoton dengan bandongan, sorogan, wetonan dan ceramah. Sehingga siswa merasakan kejenuhan yang berakibat pada hasil belajar mereka yang tidak maksimal. Namun dengan adanya penambahan metode tanya jawab, penugasan dan diskusi, sedikit demi sedikit Madrasah Salafiyah II Pondok pesantren Al- Munawwir menunjukkan kemajuan dan keberhasilan yang cukup baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. M. Jamroh Latief, M. Si.
Uncontrolled Keywords: pesantren - pendidikan islam
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: dra. Retno Wuri W
Date Deposited: 25 Nov 2020 12:26
Last Modified: 20 Dec 2022 14:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41335

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum