KONSEP PENDIDIKAN SUAMI TERHADAP ISTRI YANG NUSYUZ DALAM SURAT AN -NISA' AYAT: 34 ( Studi Analisis Metode Pendidikan Islam)

MUHAMAD ASVIN ABDUR ROHMAN, NIM : 0047 0046 (2004) KONSEP PENDIDIKAN SUAMI TERHADAP ISTRI YANG NUSYUZ DALAM SURAT AN -NISA' AYAT: 34 ( Studi Analisis Metode Pendidikan Islam). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN SUAMI TERHADAP ISTRI YANG NUSYUZ DALAM SURAT AN -NISA' AYAT: 34 ( Studi Analisis Metode Pendidikan Islam))
00440473_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN SUAMI TERHADAP ISTRI YANG NUSYUZ DALAM SURAT AN -NISA' AYAT: 34 ( Studi Analisis Metode Pendidikan Islam))
00440473_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Al-Qur'an sebagai tuntunan hidup manusia dalam segala aspek, ia tidak akan habis untuk selalu dikaji. Dalam perspektif pendidikanpun al-Qur'an sarclt dengan nilai-nilai yang menggambarkan tentang sebuah konsep pendidikan, baik diungkapkan dengan jelas maupun "samar" yang masih memerlukan penafsiran, penta'wilan serta pemikiran bersama. Saat ini banyak terjadi kasus ketidak harmonisan dalam rumah tangga atau bahkan kadang diakhiri dengan perceraian, kejadian seperti ini dialami oleh berbagai kalangan baik tingkat ekonomi maupun setatus social. Namun yang jelas sebagian dari faktor penyebabnya adalah terjadinya hubungan yang kurang memperhatikan hak dan kewajiban diantara suami dan istri atau bahkan terjadi pelanggaran, baik berupa kekerasan fisik maupun psikologis, akhirnya masing­masing antara suami dan istri merasa tidak ada kecocokan lagi dengan berbagai alasan. Melihat persoalan tersebut penulis ingin mencoba memberikan konstribusi dalam menciptakan keluarga yang sakinah dan sejahtera melalui sebuah konsep pendidikan yang terdapat dalam surat an-Nisa' ayat 34, dimana disana diberikan gambaran tentang kewajiban suami dan istri, serta earn bagaimana mendidik istri yang nu.!!yuz dengan tahapan-tahapan yang runtut dan jelas. Proses pendidikan yang baik haruslah memperhatikan metode pengajaran dengan terprogram dan terencana, oleh karenanya penulis ingin menguraikan bagaimana seharusnya seorang suami mendidik istrinya pada saat nusyuz dengan mengupas konsep yang ada dalam ayat tersebut Dengan tujuan agar proses pendidikan antara suami dan istri dalam keluarga, dapat berjalan dengan baik dan dapat terhindarnya tindak kekerasan dalam keluarga yang dapat menyebabkan terjadinya ketidak hannonisan rumah tangga bahkan bisa berakhir dengan perceraian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H Mangun Budiyanto
Uncontrolled Keywords: KONSEP PENDIDIKAN ,SUAMI TERHADAP ISTRI, NUSYUZ , SURAT AN -NISA' AYAT: 34
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Siti Pamularsih
Date Deposited: 02 Dec 2020 18:36
Last Modified: 02 Dec 2020 18:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41380

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum