PENJATUHAN PIDANA DAN PEMIDANAAN TERHADAP ANAK DI BAWAH UMUR (STUDI KOMPARASI HUKUM PIDANA ISLAM DAN HUKUM PIDANA INDONESIA)

Mimi Rahmawati, 02361421 (2006) PENJATUHAN PIDANA DAN PEMIDANAAN TERHADAP ANAK DI BAWAH UMUR (STUDI KOMPARASI HUKUM PIDANA ISLAM DAN HUKUM PIDANA INDONESIA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENJATUHAN PIDANA DAN PEMIDANAAN TERHADAP ANAK DI BAWAH UMUR (STUDI KOMPARASI HUKUM PIDANA ISLAM DAN HUKUM PIDANA INDONESIA))
02361421_Bab I_V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENJATUHAN PIDANA DAN PEMIDANAAN TERHADAP ANAK DI BAWAH UMUR (STUDI KOMPARASI HUKUM PIDANA ISLAM DAN HUKUM PIDANA INDONESIA))
02361421_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Pemidanaan dan penjatuhan sanksi terhadap anak di bawah umur sejatinya memberikan kontribusi yang luar biasa bagi masyarakat hukum, pemidanaan dan penjatuhan sanksi ini dinilai sebagai sebuah fenomena hukum yang mampu mengurangi tindak kriminal juga sebagai konsekuensi logis terhadap tindakan melawan hukum. Mengingat sifat anak dan keadaan psikologinya dalam beberapa hal tertentu memerlukan perlakuan khusus serta perlindungan yang khusus pula, terutama terhadap tindakan tindakan yang pada hakekatnya dapat merugikan perkembangan mental maupun jasmani anak, maka tujuan pemidanaan terhadap anak menjadi point penting yang harus dirumuskan agar dapat ditetapkan cara, sarana, atau tindakan apa yang akan digunakan dalam menyelesaikan kasus anak. Penetapan jenis sanksi dalam hukum pidana, apapun jenis dan bentuk sanksinya harus didasarkan dan diorientasikan pada tujuan pemidanaan yang relevan dengan kondisi anak, maka akan melahirkan sebuah implementasi kebijakan hukum yang mampu mengakomodir kebutuhan anak yang menitikberarkan pada tindakan edukatif, disamping tindakan yang bersifat menghukum. Permasalahan pidana dan pemidanaan terhadap anak di bawah umur dalam hukum pidana Llam dan hukum pidana Indonesia merupakan fenomena yang sangat menarik untuk dikaji, karena dari masing-masing hukum ini terdapat jenis sanksi dan implementasi sanksi yang berbeda, walaupun ada sedikit persatuan yang dapat ditemukan. Hal tersebut memberi kesempatan bagi penyusun untuk menyingkap konsep pidana dan pernidanaan anak tersebut dalam skripsi ini agar titik persamaan dan perbedaannya dapat teridentifikasi secara jelas. Pendekatan yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini dengan dua pendekatan yaitu pendekatan normatif dan pendekatan yuridis. Normatif berarti permasalahan penjatuhan pidana dan pemidanaan terhadap anak di bawah umur berdasarkan pada al Quran dan al-Hadis. sedangkan yuridis berarti mempelajari konteks permasalahan penjatuhan pidana dan pemidanaan dari segi hukum dengan ukuran yang terdapat dalam perundang undangan Berdasarkan pendekatan yang digunakan di atas, maka terungkaplah bahwa dalam hal penjatuhan pidana dan pemidanaan terhadap anak di bawah umur hukum pidana Islam dan hukum pidana Indonsia sama-sama menitikberatkan pada konsep pertanggungjawaban pidana, anak yang terlibat pidana diberikan pengurangan hukuman Adapun mengenai perbedaannya, terletak pada adanya tujuan pemidanaan terhadap anak. Penetapan sanksi dalam hukum pidana Islam telah terkonsep dengan perbaikan dan pengajaran sebagai tujuan pemidanaan. Dari kejelasan tujuan ini, maka implementasi sanksi ta'zir yang menjadi kewenangan ulil amri tersebut disesuaikan dengan kondisi psikologi anak. Sedangkan hukum pidana Indonesia tujuan pemidanaan terhadap anak hingga dewasa ini belum terumuskan dengan jelas, yang berakibat pada tahap implementasi sanksi pidana dan sanksi tindakan yang dijatuhkan kepada anak dalam sistem perundang-undangannya tidak konsisten, tidak sistematis, dan overlapping

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Fuad Zein
Uncontrolled Keywords: Anak di bawah Umur , Hukum Pidana Islam
Subjects: Hukum Islam > Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User: Dra Irhamny - pustakawan
Date Deposited: 29 Nov 2020 08:29
Last Modified: 29 Nov 2020 08:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41392

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum