PENDEKATAN TEKNOLOGIK SEBAGAI ALTERNATIF DALAM PENGAJARAN TERJEMAH DI FAKULTAS ADAB IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

AHMAD FATAH, (2008) PENDEKATAN TEKNOLOGIK SEBAGAI ALTERNATIF DALAM PENGAJARAN TERJEMAH DI FAKULTAS ADAB IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. /Jurnal/Al-Jamiah/Al-Jamiah No. 54 Th. 1994/.

[img]
Preview
Text
06. Ahmad Fatah - PENDEKATAN TEKNOLOGI SEBAGAI ALTERNATIF DALAM PENGAJARAN TERJEMAH DI FAKULTAS ADAB IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)

Abstract

bSuatu pertanyaan seringkali muncul, terutama kalangan mahasiswa, adalah apa yang dapat mereka lakukan berdasarkan basis keilmuan yang mereka peroleh di Fakultas Adab untuk kepentingan pembangunandankepentingan mereka sendiri di pasaran tenaga kerja (labour market). (Nourouzzaman, 1993,4). Pertanyaan di atas secara perlahan akan terjawab dengan dikeluarkannya SK Menteri Agama RI No. 122 tahun 1988 tentang pelaksanaan kurikulum S1 IAIN, karena didalamnya dijelaskan adanya empat komponen mata kuliah yaitu: 1. Mata Kuliah Dasar Umum Institut (MKDU) 2. Mata Kuliah Dasar Keahlian Fakultas ( MKDK) 3. Mata Kuliah Keahlian Profesi (MKKP) 4. Mata Kuliah Pilihan (MKP) Sementara itu mata kuliah Terjemah di Fakultas Adab dimasukkan ke dalam komponen mata kuliah keahlian profesi dengan bobot kridit 12 sks, 4 sks lebih tinggi dari pada bobot tertinggi mata kuliah lainnya. Jika selama ini, seperti diakui oleh Nourouzzaman (1993, 10), lulusan jurusan Bahasa dan Sastra arab (BSA) terkesan belum bisa memainkan peranan selaku penerjemah tulisan dan lisan yang baik dan terpakai, barangkali para alumni produk SK Menag No. 122 nanti tidak demikian adanya. Persoalan kedua, seperti yang ia katakan (ibid, 14) memang pada kurikulum fakultas Adab jurusan BSA tercantum mata kuliah Tarjamah (12 sks: 4 MKDK + MKKP) dan Insya (6sks), namun metode pengajarannya belum ditekankan pada praktek dan pelatihan. Melalui tulisan ini penulis ingin menanggapi permasalahan tersebut, dengan mengajukan konsep pendekatan teknologik dalam pengajaran terjemah dipandang sebagai mata kuliah profesi atau dapat diarahkan kepada ketenagkerjaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Teknologik, Alternatif, Pengajaran, Terjemah, Fakultas Adab IAIN Sunan Kalijaga
Subjects: Al Jamiah Jurnal
Divisions: E-Journal
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 15 Apr 2013 09:46
Last Modified: 15 Apr 2013 09:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/414

Actions (login required)

View Item View Item