UPAYA ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK DI PG-TKIT SALSABILA ALMUTHI’IN MAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

Almas Iszati Zulfah, NIM, 13220107 (2020) UPAYA ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK DI PG-TKIT SALSABILA ALMUTHI’IN MAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK DI PG-TKIT SALSABILA ALMUTHI’IN MAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
13220107_BAB-I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[img] Text (UPAYA ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK DI PG-TKIT SALSABILA ALMUTHI’IN MAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
13220107_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Banyak yang belum menyadari bahwa kecerdasan spiritual juga perlu diasah agar berkembang bahkan meningkat. Lingkungan pertama yang sangat berpengaruh adalah lingkungan keluarga, karena keluarga adalah tempat pertama perkembangan anak. Namun seiring berkembangnya zaman banyak yang belum dapat memaknai hidup dengan baik sehingga hal tersebut membuat sikap atau perilaku mengarah ke hal yang negatif. Sehingga perlu adanya pembatas yaitu kecerdasan spiritual itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya orang tua dalam meningkatkan kecerdasan spiritual anak di PGTKIT Salsabila Al Muthi’in, Maguwo, Banguntapan, Bantul Yogyakarta. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak empat orang dari dua kelas yang berbeda yaitu, kelas A 1 dan kelas A 2. Teknik sampling yang digunakan penelitian adalah Teknik Purposive sampling (sampling bertujuan). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan, dengan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara/interview, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif analitik yaitu suatu usaha untuk mengumpulkan dan menyusun suatu data, kemudian di usahakan adanya analisis dan interprestasi atau penafsiran data tersebut. Hasil penelitian menemukan bahwa cara orang tua dalam meningkatkan kecerdasan spirirtual anak di PG-TKIT Salsabila Al Muthi’in, Maguwo, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Cara tersebut adalah melalui doa dan ibadah, melalui cinta dan kasih sayang, melalui keteladanan orang tua, melalui cerita/dongeng yang mengandung hikmah spiritual, membentuk kebiasaan bertindak dalam kebajikan, mengasah dan mempertajam hati nurani, menerapkan pola asuh yang positif dan konstruktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Irsyadunnas, S.Ag, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Spiritual Anak, Upaya
Subjects: Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 01 Dec 2020 12:50
Last Modified: 20 Dec 2022 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41403

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum