PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMAN 1 YOGYAKARTA

Shobaihatul Khoiroh, 15490030 (2020) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMAN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMAN 1 YOGYAKARTA)
15490030_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMAN 1 YOGYAKARTA)
15490030_ BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Shobaihatul Khoiroh, Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2020. Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti tentang pentingnya peran kepemimpinan kepala sekolah terhadap penguatan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui bagaimana tipe, peran, dan implementasi program penguatan pendidikan karakter di SMAN 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil tempat di SMAN 1 Yogyakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data dengan cara Transcript, coding, comparing dan contrasting. Pemeriksaan keabsahan data dengan cara triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tipe kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah adalah tipe kepemimpinan demokratis dimana kepala kepala sekolah selalu memberikan dorongan, motivasi dan inovasi terhadap para guru, karyawan dan siswa untuk terus berprestasi dan terus berkarya. (2) Implementasi program penguatan pendidikan karakter menggunakan metode pembiasaan dan budaya 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, dan Santun) program penguatan pendidikan karakter didukung oleh warga sekolah sehingga program tersebut sudah terlaksana dengan maksimal. (3) kepala sekolah berperan sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator dan sebagai motivator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imam Machali, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Karakter, Pendidikan.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Otonomi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Dec 2020 13:45
Last Modified: 14 Dec 2020 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41428

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum