PEMBELAJARAN PAI DALAM MEMBENTUK SIKAP TOLERAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 4 PRAMBANAN

Muhammad Nur Hafidz Afif, 16410027 (2020) PEMBELAJARAN PAI DALAM MEMBENTUK SIKAP TOLERAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 4 PRAMBANAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN PAI DALAM MEMBENTUK SIKAP TOLERAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 4 PRAMBANAN)
16410027_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN PAI DALAM MEMBENTUK SIKAP TOLERAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 4 PRAMBANAN)
16410027_BAB-II_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

MUHAMMAD NUR HAFIDZ AFIF, Pembelajaran PAI dalam Membentuk Sikap Toleran Peserta Didik di SMP Negeri 4 Prambanan. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2020. Latar belakang penelitian ini adalah penulis melihat kemajemukan warga sekolah yang ada di SMP Negeri 4 Prambanan. Hal ini bagaikan gambaran kecil bangsa Indonesia yang di dalamnya terdapat masyarakat dari berbagai macam latar belakang. Melihat kondisi tersebut penulis tertarik ingin mengetahui secara dalam bagaimana upaya sekolah dalam membangun kerukunan, salah satunya melalui pembelajaran PAI. Membangun kerukunan melalui pembelajaran PAI dilakukan dengan menanamkan dalam diri peserta didik sikap toleran, sikap menghormati dan menghargai perbedaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran PAI dalam membentuk sikap toleran peserta didik, hasil dari pelaksanaan pembelajaran PAI dalam membentuk sikap toleran peserta didik, dan faktor pendukung serta penghambat dalam membentuk sikap toleran peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Negeri 4 Prambanan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran PAI di SMP Negeri 4 Prambanan dalam membentuk sikap toleran peserta didik dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, membaca keras, role playing dan diskusi. Adapun materi yang disampaikan adalah Akidah Akhlak. Dalam pembelajaran PAI mencakup tiga aspek kegiatan, kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dalam setiap kegiatan tersebut guru PAI selalu memasukkan nilai toleransi dalam pembelajaran, memberikan teladan yang baik dan nasehat-nasehat dalam upaya untuk pembentukan sikap toleran. (2) Hasil yang telah dicapai dalam pembentukan sikap toleran peserta didik, yaitu: sikap menghormati, sikap menghargai, sikap saling membantu, dan sikap saling menerima. (3) Adanya faktor pendukung, yaitu: kerjasama yang baik antara kepala sekolah dan guru, bersikap adil, kegiatan-kegiatan yang mengarah pada pembentukan sikap toleran misalnya: upacara bendera, pramuka, OSIS, kultum, sabtu bersih, dan buka puasa bersama, faktor pendukung yang terakhir yaitu fasilitas sekolah yang cukup memadahi. Selain faktor pendukung terdapat juga faktor penghambat dalam pembentukan sikap toleran dalam diri peserta didik, yaitu: sifat dasar yang dimiliki peserta didik, jam pembelajaran agama yang relatif sedikit, dan pergaulan di luar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sarjono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, PAI, Sikap Toleran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Dec 2020 14:06
Last Modified: 14 Dec 2020 14:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41433

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum