PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN 4 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2019/2020

Aulia Karima Zuhda Utami, 16420012 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN 4 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN 4 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2019/2020)
16420012_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN 4 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2019/2020)
16420012_BAB-II_III_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Aulia Karima Zuhda Utami (16420012). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Kahoot terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas X MAN 4 Kebumen Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar bahasa Arab kelas eksperimen (yang menggunakan aplikasi kahoot) dan kelas kontrol (tidak menggunakan aplikasi kahoot) di kelas X MAN 4 Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling dan diambil kelas X IPA 1 sebagai kelompok kontrol dan kelas X IPA 2 sebagai kelompok eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alfa Cronbach. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar Bahasa Arab kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah perlakuan/treatment. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai signifikansi pada uji t sebesar 0,018 < 0,05. Rata-rata post-test kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata post-test kelas kontrol (98,735 > 92,363).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Kahoot, Motivasi belajar Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan > Pendidikan berbasis kompetensi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Dec 2020 09:37
Last Modified: 15 Dec 2020 09:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41441

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum