EFEKTIVITAS STRATEGI CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA 7 SUBTEMA 2 KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH BANTUL KOTA

Alfi Laili Sa’idah, 16480020 (2020) EFEKTIVITAS STRATEGI CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA 7 SUBTEMA 2 KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH BANTUL KOTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS STRATEGI CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA 7 SUBTEMA 2 KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH BANTUL KOTA)
16480020_BAB-I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS STRATEGI CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA 7 SUBTEMA 2 KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH BANTUL KOTA)
16480020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Alfi Laili Sa’idah, “Efektivitas Strategi Crossword Puzzle Terhadap Hasil belajar tematik tema 7 subtema 2 di SD Muhammadiyah Bantul Kota”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2020 Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) apakah strategi crossword puzzle efektif terhadap hasil belajar tematik tema 7 subtema 2 di SD Muhammadiyah Bantul Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk desain yang digunakan yaitu quasi experimental design dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 120 peserta didik dan menggunakan sampling insindental. Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes pretestposttest, observasi dan dokumentasi. Teknik yang digunakan yaitu statistik nonparametik berupa uji Man Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya efektivitas strategi crossword puzzle terhadap hasil belajar tematik tema 7 subtema 2. Hal ini dibuktikan dengan skor N-gain kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol yaitu skor N-gain kelas eksperimen adalah 0,505 sedangkan skor N-gain kelas kontrol adalah -0,011 serta hasil uji Man Whitney pada posttest dan N-gain hasil belajar menunjukkan nilai (sig.2 tailed) = 0,000 < 0,05 artinya hipotesis diterima yaitu strategi crossword puzzle efektiv terhadap hasil belajar temtatik tema 7 subtema 2 kelas IV.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mohamad Agung Rokhimawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Strategi Crossword Puzzle, dan Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Dec 2020 09:38
Last Modified: 15 Dec 2020 09:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41442

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum