EFEKTIVITAS MEDIA POP UP BOOK PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 1 PURWOREJO

ALVITA NUR AINI, 16480021 EFEKTIVITAS MEDIA POP UP BOOK PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 1 PURWOREJO. Skripsi thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MEDIA POP UP BOOK PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 1 PURWOREJO)
16480021_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MEDIA POP UP BOOK PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 1 PURWOREJO)
16480021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Alvita Nur Aini, “Efektivitas Media Pop Up Book pada Materi Keragaman Budaya Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV MIN 1 Purworejo”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2020. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) apakah terdapat perbedaan minat belajar peserta didik dengan penggunaan media pop up book dan tanpa penggunaan media pada materi keragaman budaya di kelas IV MIN 1 Purworejo, (2) seberapa efektif media pop up book pada materi keragaman budaya terhadap minat belajar peserta didik kelas IV MIN 1 Purworejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi minat belajar peserta didik yang diambil dari hasil pengisian angket yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran, data minat belajar juga diperoleh dari hasil observasi langsung peneliti selama pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: (1) adanya perbedaan minat belajar yang signifikan antara kelas dengan media pop up book dan kelas tanpa penggunaan media, (2) adanya perbedaan keefektifan penggunaan media dan tanpa penggunaan media terhadap minat belajar peserta didik kelas IV MIN 1 Purworejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan minat belajar antara peserta didik yang mendapat pembelajaran menggunakan media pop up book dengan peserta didik yang tidak menggunakan media pop up book. Hal ini dibuktikan dengan penghitungan uji perbedaan hasil angket minat belajar dengan uji Independent Samples T Test pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Hasil yang didapat dari penghitungan angket menggunakan uji Independent Samples T Test yaitu nilai Sig. (2-tailed) 0,014 < 0,05 sehingga dapat dipastikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. 2) Hasil Uji efektivitas dilakukan menggunakan uji Gain Score dan diperoleh hasil Sig. (2-tailed) adalah 0,026 < 0,05 maka dapat dipastikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat diambil kesimpulan bahwa media pop up book efektif terhadap minat belajar peserta didik pada materi keragaman budaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Dec 2020 16:17
Last Modified: 18 Dec 2020 11:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41444

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum