Al Tibaq Fi Kitab Al Mawa'iz Al 'usfuriyyah Li Hudrati Al Syakh Muhammad Ibn Abi Bakr (dirasah Tahliliyyah Badi'iyyah)

KHAERUN BAHIR, NIM. 15110076 (2019) Al Tibaq Fi Kitab Al Mawa'iz Al 'usfuriyyah Li Hudrati Al Syakh Muhammad Ibn Abi Bakr (dirasah Tahliliyyah Badi'iyyah). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Al Tibaq Fi Kitab Al Mawa'iz Al 'usfuriyyah Li Hudrati Al Syakh Muhammad Ibn Abi Bakr (dirasah Tahliliyyah Badi'iyyah))
15110076_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Al Tibaq Fi Kitab Al Mawa'iz Al 'usfuriyyah Li Hudrati Al Syakh Muhammad Ibn Abi Bakr (dirasah Tahliliyyah Badi'iyyah))
15110076_BAB-II_Sampai_ SEBELUN-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Ilmu Balaghah mempunyai tiga cabang ilmu yaitu ma’ani, bayan dan badi’. Berkenaan dengan hal itu skripsi ini membahas tentang salah satu cabang ilmu balaghah yaitu ilmu Badi’ khususnya al-Thibăq dalam kitab al-Mawā’izh al- ‘Ushfūriyyah. Dalam ilmu badi’ thibăq adalah mengumpulkan dua lafaz} yang bertentangan makna didalam satu struktur kalimat. Thibăq dibagi menjadi dua yaitu thibăq Lafdzy dan thibăq Maknawy. Thibăq Lafdzy terbagi menjadi tiga bagian: thibăq as-Salab wal Ijab, Thibăq al-Haqi>qi> dan Thibăq al-Majăzi>. Analisis Badi’iyah tentang Thibăq dalam kitab al-Mawā’izh al- ‘Ushfūriyyah karya Muhmmad bin Abu Bakr ini memuat 04 hadits Nabi Muhammad SAW. Untuk mencari keindahan kalimat yang terkandung dalam hadis Nabi SAWdibutuhkan penguasaan ilmu balaghah diantaranya uslub thibăq. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja jenis taraf thibăq yang terdapat dalam kitab al-Mawā’izh al-‘Ushfūriyyah dan apa makna dan jenis thibăq dalam kitab al-Mawā’izh al-‘Ushfūriyyah. Adapum tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui taraf thibăq,unsur-unsur keindahan thibăq dan macam thibăq. Dalam penelitian ini penulis menggunakan data primer dan sekunder. Data primer dalam penelitian ini adalah kitab al-Mawā’izh al-‘Ushfūriyyah. Dan data sekunder yaitu sumber data yang memberikan serta mendukung dalam penelitian. Adapun sumber data yang dimaksud dalam penelitian ini berupa buku-buku, jurnal dan referensi-referensi yang mendukung pelaksanaan penelitian. Berdasarkan hasil analisis yang telah kami rangkum terdapat Tharaf Thibăq yaitu Isim dengan Isim (83), Fi’il dengan Fi’il (40), Isim dengan Fi’il (0), Fi’il dengan Isim (4), Harfu dengan Harfu (1). Dan terdapat 96 Thibăq dalam kitab al- Mawā’izh al-‘Ushfūriyyah diantaranya: Thibăq Salab (0), Thibăq Ijab (14), Thibăq Haqi>qi> (04), Thibăq Majazi (5) dan Thibăq Maknawi (8).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Mardjoko Idris, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: sastra arab - teks buku - analisis ilmu badi'
Subjects: Kesusastraan Arab > Bahasa dan Sastra Arab - Analisis Teks
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Dec 2020 09:35
Last Modified: 01 Dec 2020 09:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41445

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum