EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS V MI SANANUL ULA

Rizka Nurzamza, 16480022 (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS V MI SANANUL ULA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS V MI SANANUL ULA)
16480022_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (28MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS V MI SANANUL ULA)
16480022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Rizka Nurzamza (16480022), “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Matematika dan Keterampilan Sosial Peserta Didik Kelas V MI Sananul Ula”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe NHT efektif terhadap hasil belajar matematika peserta didik, (2) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe NHT efektif terhadap keterampilan sosial peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan desain non equialent control group. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas V MI Sananul Ula yang terdiri atas 4 kelas. Sampel dipilih melalui teknik purposive dengan mempertimbangkan 2 kelas yang memiliki kriteria yang hampir sama, yaitu kelas V B sebagai kelas kontrol dan V C sebagai kelas eksperimen. Kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional, sedangkan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes untuk mengukur hasil belajar matematika, angket keterampilan sosial, RPP, checklist keterlaksanaan pembelajaran, dan LKPD. Teknik analisis data berupa uji prasyarat, uji hipotesis, dan uji efektivitas. Uji prasyarat berupa uji normalitas menggunakan kolmogorov smirnov dan uji homogenitas menggunakan levene test dengan bantuan software SPSS 24.00. Uji hipotesis menggunakan paired samples t test dan independent samples t test dengan bantuan software SPSS 24.00. Uji efektivitas menggunakan rumus n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Skor n-gain test kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol, tetapi tidak terdapat perbedaan secara signifikan pada nilai post test dan skor n-gain test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga pembelajaran kooperatif tipe NHT tidak efektif terhadap hasil belajar matematika peserta didik. (2) Skor n-gain angket kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol, serta terdapat perbedaan secara signifikan pada skor post angket dan skor n-gain angket antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Sehingga pembelajaran kooperatif tipe NHT efektif terhadap keterampilan sosial peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Mohamad Agung Rokhimawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar, Matematika, Keterampilan Sosial.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Dec 2020 09:39
Last Modified: 15 Dec 2020 09:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41447

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum