Al Ada' Al Sawtiy Fi Aghiyah Dania Ghanim Farqu Al Sinn (Dirasah Sawtiyyah Fi Al Lughat Al Arabiyyat Al Misriyyah)

Nurjanah, NIM. 15110083 (2019) Al Ada' Al Sawtiy Fi Aghiyah Dania Ghanim Farqu Al Sinn (Dirasah Sawtiyyah Fi Al Lughat Al Arabiyyat Al Misriyyah). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Al Ada' Al Sawtiy Fi Aghiyah Dania Ghanim Farqu Al Sinn (Dirasah Sawtiyyah Fi Al Lughat Al Arabiyyat Al Misriyyah))
15110083_BAB_-I-IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (Al Ada' Al Sawtiy Fi Aghiyah Dania Ghanim Farqu Al Sinn (Dirasah Sawtiyyah Fi Al Lughat Al Arabiyyat Al Misriyyah))
15110083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Bahasa Arab adalah bahasa yang diakui dan bahasa resmi di negara Arab. Dalam penggunaannya bahasa arab terbagi menjadi dua yaitu, bahasa Arab fusha dan bahasa Arab amiyah. Bahasa Arab fusha atau biasa dikenal sebagai bahasa Arab baku yang digunakan dalam acara formal atau digunakan sebagai bahasa tulisan. Sedangkan bahasa Arab amiyah pada umumnya dikenal sebagai bahasa Arab Mesir, yang digunakan untuk komunikasi dalam kegiatan sehari-hari. Kedua bahasa ini tentunya memiliki perbedaan, dalam bahasa Arab amiyah teradi perbedaan secara fonologis yang dirasa sulit bagi pelajar yang hanya mempelajari bahasa Arab fusha, padahal bahasa Arab amiyah sekarang tidak hanya digunakan sebagai bahasa komunikasi sehari-hari. Lebih dari bahasa komunikasi bahasa Arab amiyah digunakan juga sebagai bahasa pengantar dalam seni pertunjukan atau teater, naskah drama dan film, dan juga digunakan dalam menulis lirik lagu. Seperti objek material penulis kali ini yaitu lirik lagu dari penyanyi Mesir. Perubahan fonologis dalam bahasa Arab amiyah merupakan salah satu problematika perubahan bunyi yang penting. Bunyi memiliki beberapa klasifikasi yaitu vokal, konsonan, dan semi vokal. Sedangkan perubahan bunyi meliputi, pergantian bunyi, penambahan bunyi, pelesapan bunyi, dan metatesis. Bahasa Arab amiyah juga memiliki ciri khasnya tersendiri seperti halnya mengakhiri semua kalimaat dengan sukun atau dibaca mati, pergantian antara vokal dengan vokal atau huruf konsonan dengan konsonan. Dari uraian perubahan yang terjadi pada bahasa Arab amiyah maka penulis menggunakan pemahaman fonologi untuk mendeskripsikan tipe fonologis bahasa Arab amiyah yang terjadi dalam lagu Donia Samir Ganem yang berjudul “Farq al-Sinn”. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pergantian vokal /u/ menjadi /ô/ seperti kata “ƹumry” menjadi “ƹômry” , pergantian konsonan “haqiqi” menjai “ha’ī’ī”, penambahan konsonan di tengah kata atau epentesis dan parogog atau penambahan sufiks /sy/ di akhir kata seperti, “huwa” menjadi “huwwa” dan “makan + sy” ، dan juga terjadi pelesapan bunyi pada kata “bi + annak” menjadi “bennak”. Kata kunci: lirik lagu، bahasa Arab amiyah، fonologi، farq al-sinn

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Hisyam Zaini, MA
Uncontrolled Keywords: lirik lagu، bahasa Arab amiyah، fonologi، farq al-sinn
Subjects: Kesusastraan Arab > Bahar, Syair
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Dec 2020 09:54
Last Modified: 01 Dec 2020 09:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41449

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum