EFEKTIVITAS BUKU DRILL MATEMATIKA JILID 1 KARYA KASMAD RIFANGI TERHADAP HASIL BELAJAR DI KELAS DUA MIN 2 BANTUL YOGYAKARTA

Ditya Putri Puspitasari, 16480030 (2020) EFEKTIVITAS BUKU DRILL MATEMATIKA JILID 1 KARYA KASMAD RIFANGI TERHADAP HASIL BELAJAR DI KELAS DUA MIN 2 BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS BUKU DRILL MATEMATIKA JILID 1 KARYA KASMAD RIFANGI TERHADAP HASIL BELAJAR DI KELAS DUA MIN 2 BANTUL YOGYAKARTA)
16480030_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS BUKU DRILL MATEMATIKA JILID 1 KARYA KASMAD RIFANGI TERHADAP HASIL BELAJAR DI KELAS DUA MIN 2 BANTUL YOGYAKARTA)
16480030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Ditya Putri Puspitasari “Efektivitas Buku Drill Matematika Jilid 1 Karya Kasmad Rifangi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 2 di MIN 2 Bantul”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2020. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah Buku Drill Matematika Jilid 1 Karya Kasmad Rifangi efektif terhadap hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan Buku Drill Matematika Jilid 1 Karya Kasmad Rifangi terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain non equivalent control group design. Variabel bebas yaitu penggunaan buku Drill Matematika Jilid 1 Karya Kasmad Rifangi dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas dua MIN 2 Bantul. Sampel penelitiannya yaitu semua populasi penelitian (Kelas 2A dan Kelas 2B). Kelas 2A sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan latihan soal dengan Buku Drill Matematika Jilid 1 Karya Kasmad Rifangi dan kelas 2B sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan soal-soal di buku tematik. Instrumen dalam penelitian ini adalah wawancara dengan guru kelas, soal pretest dan posttest, Buku Drill Matematika Jilid 1. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Mann Whitney dan N-gainscore. Analisis data dibantu dengan software Microsoft Excel dan SPSS20. Hasil penelitian membuktikan bahwa Buku Drill Matematika Jilid 1 Karya Kasmad Rifangi lebih efektif untuk terhadap hasil belajar matematika dibandingkan latihan soal buku tematik. Dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik kelas 2A dan 2B, nilai pretest kelas 2A memperoleh rata-rata 77,66 sedangkan kelas 2B (kelas kontrol) memperoleh rata-rata 80,90. Kemudian dalam Posttest kelas 2A (kelas eksperimen) mengalami kenaikan rata-rata menjadi 81,28 sedangkan kelas 2B (kelas kontrol) mengalami penurunan rata-rata menjadi 59,36. Perhitungan N-gain score juga dapat dilihat hasil bahwa Buku Drill Matematika Jilid 1 lebih efektif digunakan sebagai latihan soal terhadap hasil belajar matematika dibandingkan dengan buku tematik, berikut hasil perhitungan N-gain score untuk Buku Drill Matematika Jilid 1 memperoleh hasil sebesar 0,16 sedangkan untuk buku Tematik memperoleh hasil -1,12. Dari data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Buku Drill Matematika Jilid 1 Karya Kasmad Rifangi efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Izzatin Kamala, S.Pd.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Buku Drill Matematika Jilid 1, Hasil Belajar, Buku Tematik.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Dec 2020 09:39
Last Modified: 15 Dec 2020 09:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41450

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum