PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS DEEPER LEARNING CYCLE (DELC) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V MIM KRANGGAN

Amin Mulindhasari, 16480036 (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS DEEPER LEARNING CYCLE (DELC) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V MIM KRANGGAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS DEEPER LEARNING CYCLE (DELC) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V MIM KRANGGAN)
16480036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS DEEPER LEARNING CYCLE (DELC) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V MIM KRANGGAN)
16480036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Amin Mulindhasari, “Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Deeper Learning Cycle (DELC) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V MIM Kranggan”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2020. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Deeper Learning Cycle (DELC) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi (quasi-experimental design) dengan bentuk desain time series design. Variabel bebas yaitu model pembelajaran deeper learning cycle dan variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VA MIM Kranggan berjumlah 20 anak. Sampel penelitian eksperimen dengan teknik sampling jenuh yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel, yaitu 20 anak. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes berupa pretest dan posttest. Validitas instrumen yang digunakan yaitu validitas konstruk dan validasi empiris. Uji Prasyarat berupa uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Anova. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Paired Sample T-test. Analisis data dibantu dengan software SPSS 24.0. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran IPA berbasis Deeper Learning Cycle terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V MIM Kranggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Fitri Yuliawati, M.Pd.,Si
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran Deeper Learning Cycle, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Dec 2020 07:32
Last Modified: 16 Dec 2020 07:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41452

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum