MANAJEMEN PENDIDIKAN NONDIKOTOMIK DI YAYASAN PENDIDIKAN MINHAJUTH THULLAB LAMPUNG TIMUR PERSPEKTIF INTEGRASI INTERKONEKSI

Ubaidillah, 18204010010 (2020) MANAJEMEN PENDIDIKAN NONDIKOTOMIK DI YAYASAN PENDIDIKAN MINHAJUTH THULLAB LAMPUNG TIMUR PERSPEKTIF INTEGRASI INTERKONEKSI. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN NONDIKOTOMIK DI YAYASAN PENDIDIKAN MINHAJUTH THULLAB LAMPUNG TIMUR PERSPEKTIF INTEGRASI INTERKONEKSI)
18204010010_BAB-I_V_DAFTAR_PUSTAKA_compressed.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN NONDIKOTOMIK DI YAYASAN PENDIDIKAN MINHAJUTH THULLAB LAMPUNG TIMUR PERSPEKTIF INTEGRASI INTERKONEKSI)
18204010010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Ubaidillah.ManajemenPendidikanNondikotomikdiYayasanPendidikan MinhajutThullabLampungTimurPerspektifIntegrasi-Interkoneksi.Tesis. Program Magister,ProdiPendidikanAgamaIslam,FakultasIlmuTarbiyah danKeguruanUniversitasIslam NegriSunanKalijaga.Yogyakarta,2020. Ilmu-ilmuskulerdaribaratmemandangsainsdanilmusosialtidakada kaitannyadenganpaham teologis,segalayangterjadidimukabumiini merekaanggapsebagaikejadianyangeksidentaltanpaadanyacampur tangan tuhan.Dikotomisasiilmu pengetahuan semacam itu sangat bertentangandenganajaranIslam,sehinggalembaga-lembagapendidikan perlu mengadakan reintegrasiilmu pengetahuan yang lebih holistikintegralistikdenganmemanfaatkansegalasumberdayayangada. Tujuan dariPenelitian iniadalah untuk Pertama mendeskripsikan manajemenpendidikannondikotomikyangadadiYayasanPendidikan Minhajut Thullab Lampung Timur.Kedua,mendeskripsikan bentuk keintegrasian sepertiapa yang ada diYayasan Pendidikan Minhajut ThullabLampungTimur.Ketiga,mendeskripsikanhasilyangdicapaidari implementasi manajemen pendidikan nondikotomik-integralistik di MinhajutThullabLamungTimur. Penelitian inimenggunakan metode kualitatifdeskriptif,pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,wawancara mendalam,dan dokumentasi.Analisisdatadilakukandenganmenggunakanteknikreduksi data,penyajiandata,lalumenarikkesimpulandanmelakukanverifikasi. HasildaripenelitiandiYayasanPendidikanMinhajutThullabLampung Timur iniadalah:1).Manajemen pendidikan dilakukan dengan a). menyatukanvisi-misidantujuanantarapendidikanumum dandiniyah,b). menjadikan lingkungan masyarakat,alam,dan organisasieksternal sebagaifasilitaspendidikanyanginterkonektif.2).Integralisasipendidikan dilakukan dengan a).memadukan konsep pendidikan diniyah dengan pendidikanumum,b).melakukanintegrasimateriajarmelaluikegiatan edukasiyangmelibatkankerjasamaantargurumatapelajaran.3).Hasil yang dicapaia).menciptakanSDM yangdoubleskill,yaknimumpuni dibidang agama dan menguasaibidang ilmu pengetahuan umumnya sebagaimana yang dibutuhkan masyarakatsaatini,b).peserta didik mendapatkanduawawasansekaligus,yakniwawasankeagamaandan ilmupengetahuanumum.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Suryadi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Manajemen,PendidikanNondikotomik,Integrasi-Interkoneksi
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Dec 2020 10:06
Last Modified: 17 Dec 2020 10:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41466

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum