PERBANDINGAN KADAR NITROGEN DALAM AMPAS TEBU (Saccharum Officinarum L) DAN BLOTONG SECARA VOLUMETRI SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMA KELAS XII

LILY BUDINURANI, NIM : 00440473 (2006) PERBANDINGAN KADAR NITROGEN DALAM AMPAS TEBU (Saccharum Officinarum L) DAN BLOTONG SECARA VOLUMETRI SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMA KELAS XII. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN KADAR NITROGEN DALAM AMPAS TEBU (Saccharum Officinarum L) DAN BLOTONG SECARA VOLUMETRI SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMA KELAS XII)
00440473_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN KADAR NITROGEN DALAM AMPAS TEBU (Saccharum Officinarum L) DAN BLOTONG SECARA VOLUMETRI SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMA KELAS XII)
00440473_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kadar nitrogen yang terdapat dalam ampas tebu dan blotong dan sekaligus mengetahui dapat tidaknya proses dan hasil dari penelitian ini dijadikan sebagai salah satu alternatif sumber belajar kimia di SMA khususnya kelas XII pada semester ganjil. Populasi penelitian adalah ampas tebu dan blotong yang diambil dari dua pabrik gula yang bertempat di kabupaten Tegal dan kabupaten Pemalang. Sampel yang digunakan adalah Sebagian dari ampas tebu dan blotong, sedang teknik pengambilan sampel dilakukan terhadap ampas tebu dan blotong yang masih dalam satu rangkaian produksi dan masih segar. Analisa nitrogen dilakukan dengan metode mikro Kjeldahl yang meliputi tiga tahap, yaitu tahap destruksi, distilasi dan titrasi, sedangkan analisis statistik pada penelitian ini menggunakan uji t. Hasil percobaan menunjukkan terdapat perbedaan kadar nitrogen dalam ampas tebu dan blotong. Kadar nitrogen pada ampas tebu di PG Pangka sebesar 0.2359% ± 0.0571% dan kadar nitrogen pada blotongnya sebesar 0.3723% ± 0.0792%, sedangkan kadar nitrogen pada ampas tebu PG Sumberharjo adalalah sebesar 0.1801% ± 0.0124% dan kadar nitrogen pada blotongnya sebesar 0.2524% ± 0.0234%. Setelah dilakukan beberapa seleksi, modifikasi, dan disesuaikan dengan konsep dalam silabus Kurikulum Berbasis Kompetensi mata pelajaran Kimia, maka proses dan produk penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif sumber belajar di SMA mata pelajaran Kimia kelas XU khususnya pada semester ganjil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Eddy Sulistyowau, Apt. MS
Uncontrolled Keywords: NITROGEN, AMPAS TEBU (Saccharum Officinarum L), BLOTONG, VOLUMETRI, SUMBER BELAJAR KIMIA
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Siti Pamularsih
Date Deposited: 03 Dec 2020 12:04
Last Modified: 03 Dec 2020 12:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41489

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum