PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR KLINIS BAGI PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU PADA MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA

Iskandarsyah Putra, NIM.00470047 (2005) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR KLINIS BAGI PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU PADA MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR KLINIS BAGI PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU PADA MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
00470047_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR KLINIS BAGI PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU PADA MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
00470047_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul "Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor Klinis bagi Peningkatan Profesional Guru pada Madrasah ALiyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta", bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang fungsi dan peran supervisi klinis terhadap guru, mengetahui kendala yang dihadapi kepala sekolah terhadap guru, mengetahui upaya yang dilakukan kepala sekolah sebagai supervisor klinis terhadap peningkatan professional guru pada MA Aliyah Ali Maksum Krapyak Y ogyakarta. Adapun yang dimaksud dengan Kepala Sekolah sebagai supervisor klinis disini adalah seorang pimpinan dalam suatu lembaga pendidikan (sekolah) yang bertugas membimbing dan mengarahkan bawahannya khususnya dalam peningkatan professional guru. Sedangkan yang dimaksud professional guru adalah tingkah laku atau penampilan guru yang sesuai dengan sepuluh kompetensi professional guru. Pembatasan masalah tentang peran kepala sekolah sebagai supervisor klinis bagi professional guru dari segi, tugas kerja kepala sekolah dalam PBM, kompetensi professional guru dan etos kerja guru. Sedangkan perumusan masalahnya adalah tentang bagaimana eksistensi kepala sekolah, pelaksanaan peran kepala sekolah terhadap peningkatan profesional guru dan usaha-usaha kepala sekolah terhadap hambatan yang dihadapi di Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Y ogyakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Populasi target dalam penelitian ini adalah para guru yang berada di MA Ali Maksum Krapyak Y ogyakarta, sedangkan populasi terjangkaunya adalah semua guru-guru yang mengajaar di MA Ali Maksum tak terkecuali, sebanyak 65 guru dan 1 kepala sekolah. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan bahwa peran kepala sekolah sebagai supervor klinis masih kurang baik sebagian besar menyatakan para guru menyatakan bahwa instrument-intrumen yang menujukan tentang peran kepala sekolah baru terlaksana kadan-kang saja, meski sebenarnya peran kepala sekolah sebagai supervisor sudah berjalan. Sedangkan untuk profesionalisme guru sudah lebih baik, namun kekurangan-kekurangan masih terjadi sebagai contoh adalah tentang metode-metode yang digunakan oleh seoran guru di Madrasah tersebut, hal ini dimungkinkan karena komunikasi antara kepala sekolah dan guru yang kurang, untuk itu kepala sekolah agar lebih meningkatkan dalam membimbing dan memperhatikan guru, begitu pula sebaliknya. Hasil penelitian ini diharapkan akan berguna bagi kepala sekolah untuk lebih giat lagi dalam meningkatkan profesional guru khususnya di MA Ali Maksum Krapyak Y ogyakarta, dengan mempertimbangkan kesimpulan dan saran yang terdapat pad a Bab V.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Misbah Ulmunir, M.Si.
Uncontrolled Keywords: KEPALA SEKOLAH, SUPERVISOR KLINIS, PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU, MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Siti Pamularsih
Date Deposited: 03 Dec 2020 13:15
Last Modified: 03 Dec 2020 13:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41507

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum