KONSELING INDIVIDUAL PADA SISWA YANG TIDAK LULUS UN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN SLEMAN

AHMAD NOR MUTAQIN - NIM. 06220026 , (2010) KONSELING INDIVIDUAL PADA SISWA YANG TIDAK LULUS UN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KONSELING INDIVIDUAL PADA SISWA YANG TIDAK LULUS UN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN SLEMAN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (586kB) | Preview
[img] Text (KONSELING INDIVIDUAL PADA SISWA YANG TIDAK LULUS UN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN SLEMAN)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)

Abstract

Fenomena standar kelulusan bagi para siswa yang dari tahun ke tahun terus mengalami kenaikan sangatlah memberatkan siswa, seperti yang selama ini di ketahui oleh khalayak umum seperti kelulusan pada tahun 2009 yaitu 5,50 lebih besar dari standar kelulusan pada tahun 2008 yaitu 5,25. Hal ini yang mengakibatkan banyak siswa yang belum siap dengan kenaikan nilai yang lebih tinggi sehingga mengakibatkan banyak siswa yang tidak lulus dalam Ujian Nasional. Untuk itulah maka diperlukan upaya Konseling Individual pada siswa yang tidak lulus UN di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode konseling individual pada siswa yang tidak lulus UN dan peran guru BK pada siswa yang tidak lulus UN di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Sleman pada tahun ajaran 2009/2010. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi serta menambah ilmu pengetahuan dan wawasan dalam bidang konseling individual bagi Jurusan BKI serta SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Sleman dan juga dapat dijadikan sebagai bahan rujukan dan refrensi bagi konselor dan guru pembimbing untuk meningkatkan motivasi dan percaya diri siswa dalam menghadapi kegagaan dalam UN.dengan mengunakan metode konseling Individual yang tepat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat kasuistik akibat tidak lulus dari UN pada siswa SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Sleman. Subyek dari penelitian ini berjumlah 5 orang, 3 orang konselor, 2 orang siswa yang tidak lulus UN serta yang diteliti siswa yang mengikuti bimbingan dan konseling di sekolah, sedangkan obyek penelitianya adalah metode konseling individual dan peran guru BK pada siswa yang tidak lulus UN.metode pengumpulan data dengan cara interview , observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan mengunakan penelitian kualitatif sifatnya dskriftif yaitu hasil analisis itu berupa analisis dari gejala yang diamati. Hasil penelitian menunjkkan bahwa metode konseling individual yang digunakan untuk menghadapi siswa yang tidak lulus dalam UN adalah dengan menggunakan metode pemberian mau'idzah tausiah, jemput bola, dan kunjungan rumah. Sedangkan peran guru Bk adalah Sebagai motivator, Sebagai vasilitator dalam menghadapi UN, Sebagai pemberi saran dan anjuran, agar mengikuti ujian paket C, Seabagai pemberi pembekalan atau pembinaan bagi siswa yang tidak lulusUN, Sebagai pemberi jalan keluar bagi siswa yang mengalami beban mental, Sebagai pemberi motivasi agar siswa lebih percaya diri akibat tidak lulus UN.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Nailul Falah, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: konseling individual, siswa tidak lulus UN, siswa yang tidak lulus dalam UN
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 27 Aug 2012 18:29
Last Modified: 29 Dec 2016 10:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4151

Actions (login required)

View Item View Item