KERJASAMA GURU BIMBINGAN KONSELING, GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENILAIAN AKHLAK DAN KEPRIBADIAN SISWA DI MAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA

ANGGA ARIS TWIDYATAMA - NIM. 06410002, (2010) KERJASAMA GURU BIMBINGAN KONSELING, GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENILAIAN AKHLAK DAN KEPRIBADIAN SISWA DI MAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KERJASAMA GURU BIMBINGAN KONSELING, GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENILAIAN AKHLAK DAN KEPRIBADIAN SISWA DI MAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (883kB) | Preview
[img] Text (KERJASAMA GURU BIMBINGAN KONSELING, GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENILAIAN AKHLAK DAN KEPRIBADIAN SISWA DI MAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Kerjasama Guru Bimbingan Konseling,Guru Pendidikan Agama Islam, dan Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Penilaian Akhlak dan Kepribadian Siswa di MAN Pakem, Sleman , Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2010. Latar belakang dari penelitian ini adalah akhlak dan kepribadian merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia khususnya di dunia pendidikan, oleh karena itu penilaian akhlak dan kepribadian ini memerlukan kerjasama antara berbagai guru. Diadakan kerjasama antara berbagai guru karena mengingat penilaian akhlak dan kepribadian tidak hanya pada aspek kognitif saja, melainkan harus pada aspek afektif. Idealnya kerjasama penilaian akhlak dan kepribadian yang terjalin berjalan dengan baik, akan tetapi realita menunjukkan bahwa kerjasama yang terjalin kurang baik. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya koordinasi antara guru satu dengan guru yang lainnya, guru tidak saling membantu dalam proses penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana bentuk kerjasama, alasan diperlukan kerjasama serta kendala-kendala yang dialami dalam penilaian akhlak dan kepribadian siswa di MAN Pakem. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MAN Pakem, Sleman, Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Bentuk kerjasama adalah berkoordinasi untuk melakukan pengamatan perilaku siswa, yang kemudian hasil pengamatan tersebut dipadukan dengan semua guru agar nantinya bisa saling tukar informasi tentang data siswa. Kemudian dari hasil koordinasi tersebut diserahkan kepada guru BK untuk selanjutnya guru BK memberikan nilai akhlak dan kepribadian terhadap siswa berupa interval atau bukan berupa angka. Namun koordinasi yang selama ini terjalin tidak bersifat formal, akan tetapi informal. 2) Alasan perlunya diadakan kerjasama adalah dikarenakan banyaknya siswa dan aspek yang dinilai maka diperlukan kerjasama. Hal itu dimaksudkan agar antara guru yang satu dengan guru yang lainnya bisa saling bertukar informasi sehingga saling melengkapi data pengamatan yang dilakukan. Sehingga dapat dicapai keobyektifan dalam penilaian akhlak dan kepribadian siswa. 3) Kendala-kendala yang dialami dalam pelaksanaan kerjasama adalah pertama, Kurangnya koordinasi antara guru yang bersangkutan yaitu guru Bimbingan dan Konseling, guru Pendidikan Agama Islam dan guru Pendidikan Kewarganegaraan. Kedua, Jangkauan pihak madrasah terkait dengan penilaian akhlak dan kepribadian sangat terbatas hanya dalam ruang lingkup madrasah atau hanya dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Penilaian Akhlak dan kepribadian siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2012 10:00
Last Modified: 27 Aug 2012 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4152

Actions (login required)

View Item View Item