PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) TERHADAP AGRESIVITAS ( Siswa Kelas II SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta )

Nurul Fatmawati, NIM. : 00470202 (2005) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) TERHADAP AGRESIVITAS ( Siswa Kelas II SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) TERHADAP AGRESIVITAS ( Siswa Kelas II SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta ))
00470202_BAB I_IV_DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) TERHADAP AGRESIVITAS ( Siswa Kelas II SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta ))
00470202_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian skripsi berjudul "Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) Terhadap Agresivitas (Siswa Kelas II SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta)" ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa kelas II SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta; (2) mengetahui tingkat agresivitas siswa kelas II SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta; dan (3) mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap agresivitas siswa kelas II SMK Muhammadiyah 3 Y ogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang pengaruh kecerdasan emosional terhadap agresivitas dan dapat dijadikan sebagai salah satu bukti bahwa kecerdasan emosional dapat meminimalisir agresivitas. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas II SMK Muhammadiyah 3 Y ogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan angket. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik yaitu menggunakan rumus korelasi product moment. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ( 1) tingkat kecerdasan emosional siswa kelas II SMK Muhammadiyah 3 Y ogyakarta cenderung sedang, dimana indikator kecerdasan emosi yang meliputi kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati dan sosialnya relatif sedang; (2) tingkat agresivitas siswa kelas II SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta cenderung sedang; dan (3) hubungan kecerdasan emosional terhadap agresivitas siswa menunjukkan korelasi negatif. Yaitu berarti bahwa semakin baik taraf kecerdasan emosional siswa maka agresivitasnya semakin rendah, begitu sebaliknya bila kecerdasan emosi siswa buruk atau rendah maka akan semakin tinggi agresivitasnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Hamruni,M.Si
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Agresivitas
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Siti Pamularsih
Date Deposited: 16 Dec 2020 11:43
Last Modified: 16 Dec 2020 11:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41520

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum