MODEL PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI TPA LUAR BIASA JURUSAN "A" YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNA NETRA ISLAM (LBA YAKETUNIS) YOGYAKARTA

ATIK SUSILOWATI - NIM. 04471153, (2010) MODEL PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI TPA LUAR BIASA JURUSAN "A" YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNA NETRA ISLAM (LBA YAKETUNIS) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MODEL PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TPA LUAR BIASA JURUSAN “A” YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNA NETRA ISLAM (LBA YAKETUNIS) YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (795kB) | Preview
[img] Text (MODEL PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TPA LUAR BIASA JURUSAN “A” YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNA NETRA ISLAM (LBA YAKETUNIS) YOGYAKARTA)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penerapan model-model pembelajaran Al-Qur'an bagi anak tunanetra di TPA Luar Biasa jurusan "A" Yayasan Kesejahteraan Tuna Netra Islam (LBA YAKETUNIS) Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penerapan model model pembelajaran dalam pembelajaran al-Qur'an. Hasil penelitian menunjukkan: Model-model pembelajaran al-Qur'an yang digunakan di TPA LBA YAKETUNIS Yogyakarta untuk saat ini antara lain adalah : (1),model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD;(2) Read Aloud(Membaca Keras-Keras); (3)Membuat Catatan dengan Bimbingan;(4) Active Knowledge Sharing (Berbagi Pengetahuan Secara Aktif); dan Model Examples Non Examples. Sedangkan kesulitan yang dialami oleh para komponen pendidikan dalam pelaksanaan model pembelajaran ini antara lain adalah : (1)Siswa terkadang cepat bosan dalam menerima pelajaran yang diperkirakan akibat kurangnya variasi model pembelajaran. (2)Waktu yang ada kalanya relative sempit karena mengambil waktu antara waktu setelah magrib menuju Isya'.(3) Kurangnya alat atau fasilitas yang dapat menunjang keberhasilan pembelajaran seperti media baca tulis Braille selain al-Qur'an Braille, (4) kurangnya pengadaan media elektronik yang dapat membantu menghapal dan mengkaji ayat-ayat al-Qur'an dengan lebih berwarna. (5) Kurangnya (training) latihan bagi para pendidik yang sangat diperlukan guna pelaksanaan proses belajar mengajar yang lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar TPA Luar Biasa jurusan "A" Yayasan Kesejahteraan Tuna Netra Islam (LBA YAKETUNIS) Yogyakarta.pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara yang cukup mendalam, pengamatan, dan dokumentasi. Analisis yang dilakukan dengan memberikan makna dan penjabaran analitik terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dari makna tersebut,ditariklah kesimpulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Nadhifah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: model-model pembelajaran Al-Qur'an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 27 Aug 2012 19:23
Last Modified: 17 Mar 2017 08:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4156

Actions (login required)

View Item View Item