HUBUNGAN KEAKTIFAN BERORGANISASI DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Ririn Hasbianti, NIM. 0141 0737 (2005) HUBUNGAN KEAKTIFAN BERORGANISASI DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KEAKTIFAN BERORGANISASI DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
01410737_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KEAKTIFAN BERORGANISASI DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
01410737_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

RIRIN HASBIANTI. Hubungan Keaktifan Berorganisasi Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi. Y ogyakarta : Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Y ogyaarta, 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sangkut paut antara keaktifan berorganisasi dengan prestasi belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah yang tergabung dalam organisasi ekstra kampus di lingkungan Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Y ogyakarta. Populasi penelitian ini adalah para pimpinan harian dan anggota organisasi HMl DIPO, HMI MPO, PMII, IMM dan KAMMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta periode kepengurusan 2004/2005 sebanyak 762 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Ukuran sampel diambil 25 % dari populasi berdasar ketentuan Suharsimi Arikunto sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 191 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 25 soal, ada lima soal yang tidak sahih. Adapun yang lain derajat kesahihannya berkisar antara 0,3910 sampai 0, 7380 yang berarti mempunyai tingkat validitas tinggi, sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,9127 dan dinyatakan reliabel. Adapun analisis datanya menggunakan korelasi Person Product Momen. Hasil penelitian menunjukkan: l) Tingkat keaktifan berorganisasi mahasiswa Fakultas Tarbiyah rata-rata cukup aktif 2) Prestasi belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah rata-rata tergolong baik. 3) Tingkat korelasi antara keaktifan berorganisasi dengan prestasi belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah tergolong sangat rendah/sangat lemah sehingga korelasi diabaikan. Dengan demikian tidak ada korelasi positif yang signifikan antara keaktifan berorganisasi dengan prestasi belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Tasman Hamami, MA
Uncontrolled Keywords: KEAKTIFAN BERORGANISASI, PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Siti Pamularsih
Date Deposited: 17 Dec 2020 14:59
Last Modified: 17 Dec 2020 14:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41602

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum