KESADARAN HUKUM PEDAGANG MUSLIM TERHADAP KETENTUAN HUKUM ISLAM DALAM JUAL BELI (STUDI DI PASAR GROSIR CIPULIR JAKARTA SELATAN)

MULYADI.I, NIM. 99383495 (2006) KESADARAN HUKUM PEDAGANG MUSLIM TERHADAP KETENTUAN HUKUM ISLAM DALAM JUAL BELI (STUDI DI PASAR GROSIR CIPULIR JAKARTA SELATAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KESADARAN HUKUM PEDAGANG MUSLIM TERHADAP KETENTUAN HUKUM ISLAM DALAM JUAL BELI (STUDI DI PASAR GROSIR CIPULIR JAKARTA SELATAN))
99383495_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KESADARAN HUKUM PEDAGANG MUSLIM TERHADAP KETENTUAN HUKUM ISLAM DALAM JUAL BELI (STUDI DI PASAR GROSIR CIPULIR JAKARTA SELATAN))
99383495_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan 1) tingkat kesadaran para pedagang di pasar Cipulir menerapkan ketentuan hukum Islam dalam praktek jual beli 2) hubungan tingkat pendidikan dengan kesadaran pedagang menerapkan ketentuan hukum Islam dalam praktek jual beli 3) hubungan pemahaman agama tentang ketentuan hukum Islam dalam jual beli dengan kesadaran pedagang menerapkan ketentuan hukum Islam dalam praktek jual beli 4) hubungan tingkat pendidikan dan pemahaman agama tentang ketentuan hukum Islam dalam jual beli secara bersamaan dengan kesadaran pedagang menerapkan ketentuan hukum Islam dalam praktek jual beli. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan bersifat ex post facto, menggunakan metode pendekatan kuantitatif statistik dan sosiologis untuk menelaah efektifitas hukum Islam di dalam masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan di pasar grosir Cipulir, jalan Cileduk Raya, Jakarta Selatan pada bulan Oktober 2005-Desember 2005. Jumlah seluruh populasi pedagang adalah 2000 orang yang terdiri dari pedagang tetap dan setengahnya pedagang musiman, dari jumlah tersebut diambil 60 orang sebagai responden secara acak dengan karakteristik berstrata (SD, SMP, SMU/SMK, PT). Ubahan terikat dalam penelitian ini adalah Kesadaran Hukum Pedagang Menerapkan Hukum Islam dalam Jual Beli (Y), ubahan-ubahan bebasnya adalah Tingkat Pendidikan (Xl) dan Pemahaman Agama tentang Ketentuan Hukum Islam dalam Jual Beli (X2). Uji validitas dan reliabilitas menggunakan korelasi product moment dan alfa cronbach. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah korelasi produk moment dan analisis regresi Tingkat kesadaran para pedagang pasar grosir Cipulir menerapkan ketentuan hukum Islam dalam praktek jual beli cukup tinggi (distribusi kategorisasi 78,3%). Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan dengan kesadaran pedagang menerapkan ketentuan hukum Islam dalam praktek jual beli. Koofisien korelasi sebesar (rx1 y) = 0,151 dengan nilai p sebesar 0,248 (p batas = 0,05), jika p<0,05 terdapat korelasi yang signifikan. Terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman agama tentang ketentuan hukum Islam dalam jual beli dengan kesadaran pedagang menerapkan ketentuan hukum Islam dalam praktek jual beli. Koofisien korelasi sebesar (rx2y) = 0,292 dengan nilai p sebesar 0,022 (p batas = 0,05), korelasi signifikan jika p<0,05. Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan pedagang, pemahaman agama tentang ketentuan hukum Islam dalam jual beli secara bersamaan dengan kesadaran pedagang menerapkan ketentuan hukum Islam dalam praktek jual beli. Koofisien korelasi ganda sebesar Ryx (1,2,3) = 0,316 dengan nilai p sebesar 0,049. Pengujian keberartian R ganda dilakukan dengan menggunakan uji F. Hasil perhitungan, F hitung sebesar 3,161 dengan signifikansi 0,049. Berdasarkan pada koofisien prediktor tersebut didapatkan persamaan garis regresi Y = 37,83 + 0,707 X1 + 0,316 X2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. DRS. M. SODIK, S.SOS, M.SI. 2. GUSNAM HARIS, S.AG, M. AG
Uncontrolled Keywords: HUKUM ISLAM, JUAL BELI
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 21 Dec 2020 10:29
Last Modified: 21 Dec 2020 10:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41616

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum