PROBLEMATIKA NON LINGUISTIK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Tinjauan Perbedaan Latar Belakang Pendidikan Di MAN Yogyakarta I)

BAYU SUMBOGO - NIM. 04420947, (2010) PROBLEMATIKA NON LINGUISTIK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Tinjauan Perbedaan Latar Belakang Pendidikan Di MAN Yogyakarta I). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA NON LINGUISTIK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Tinjauan Perbedaan Latar Belakang Pendidikan Di MAN Yogyakarta I))
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA NON LINGUISTIK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Tinjauan Perbedaan Latar Belakang Pendidikan Di MAN Yogyakarta I))
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab di MAN Yogyakarta I terdapat berbagai problem dalam proses pembelajaran.Dan diantara problem yang menjadi batu sandungan dalam proses pembelajaran bahasa Arab di MAN Yogyakarta I adalah dari segi latar belakang pendidikan siswa yang berbeda. Perbedaan latar belakang pendidikan mempunyai dua makna yaitu, a. Perbedaan latar belakang pendidikan antar siswa di MAN Yogyakarta I. b. Perbedaan basic pendidikan antara MAN Yogyakarta I dengan Sekolah Umum Tingkat Pertama. Sedikit banyaknya latar belakang pendidikan peserta didik berpengaruh pada proses pengajaran bahasa Arab. Peserta didik dengan latar belakang pendidikan sebelum MAN adalah SMP dan tidak mengenal bahasa Arab sebelumnya akan mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Arab dibandingkan dengan peserta didik yang mempunyai latar belakang pendidikan MTs atau sudah mengenal bahasa Arab sebelumnya. Dikarenakan permasalahan yang telah dijelaskan diatas, bahwa tujuan penulis dalam penelitian ini mengetahui dan memberikan solusi terhadap problem tersebut. Dalam melakukan penelitian penulis menggunakan metode observasi, interviu, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan penulis dalam melakukan penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan mendasarinya dengan paradigma metodologis induktif . Kesimpulan dari penelitian ini dapa dijelaskan bahwa proses pembelajaran bahasa Arab di kelas X C dapat dikatakan cukup berjalan dengan baik, kemampuan membaca Al-Qur'an merupakan salah satu faktor siswa dapat mengikuti pembelajaran bahasa Arab, bahwa latar belakang pendidikan siswa berdampak pada psikologis siswa, maka dapat diambil kesimpulan secara keseluruhan bahwa latar belakang pendidikan siswa itu berpengaruh terhadap proses pembelajaran bahasa Arab. Dari penelitian penulis problem non linguistik di MAN Yogyakarta I terdapat beberapa upaya yang dilakukan baik pihak madrasah, guru dan siswa. Penulis juga memberikan saran, sehingga problem non linguistic pembelajaran bahasa Arab dalam tinjauan perbedaan latar belakang pendidikan dapat diminimalisir sedapat mungkin. Dan diantara saran yang ditawarkan oleh penulis untuk pihak madrasah, guru, dan siswa. Dari semua solusi yang ditawarkan pada intinya kembali kepada dua kata yaitu Professional Teacher

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Syamsuddin Asyrofi, M.M,
Uncontrolled Keywords: Problem non linguistik, professional teacher
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 08 Sep 2012 18:32
Last Modified: 04 Apr 2017 11:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4163

Actions (login required)

View Item View Item