REGULASI DIRI DALAM BELAJAR MAHASISWA YANG BEKERJA (STUDI PADA TIGA MAHASISWA FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)

LATIFAH FIRDAUS, NIM. 16220037 (2020) REGULASI DIRI DALAM BELAJAR MAHASISWA YANG BEKERJA (STUDI PADA TIGA MAHASISWA FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REGULASI DIRI DALAM BELAJAR MAHASISWA YANG BEKERJA (STUDI PADA TIGA MAHASISWA FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
16220037_BAB-I_ATAU_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (REGULASI DIRI DALAM BELAJAR MAHASISWA YANG BEKERJA (STUDI PADA TIGA MAHASISWA FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
16220037_BAB-II_S.D._SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya fenomena mahasiswa yang bekerja. Peran ganda mahasiswa ini dapat menimbulkan efek negatif apabila mahasiswa tidak dapat mengelola waktunya dengan baik. Menjalani kuliah sambil bekerja bukanlah hal yang mudah. Mahasiswa yang bekerja dituntut untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik, diantaranya manajemen waktu yang baik, strategi belajar, dan memperhatikan kondisi fisik karena peran gandanya sebagai mahasiswa dan karyawan. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan regulasi diri dalam belajar mahasiswa bekerja, studi pada tiga mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga. Fokus pada penelitian ini adalah strategi yang digunakan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan (field research). Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data berupa catatan observasi, hasil wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi regulasi diri dalam belajar mahasiswa yang bekerja terdiri dari 10 strategi yaitu strategi mengatur dan mengubah, menetapkan tujuan dan perencanaan, mengulang dan mengingat, evaluasi diri, konsekuensi diri, pembuatan catatan dan mengamati diri, mengatur lingkungan belajar, pencarian informasi, mencari dukungan sosial, memeriksa dan mengulang catatan atau tes. Dua subjek menggunakan kesepuluh strategi dan satu subjek lainnya hanya menggunakan 8 strategi regulasi diri dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Muhsin Kalida, S.Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: Regulasi Diri dalam Belajar, Strategi, Mahasiswa Bekerja.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 21 Dec 2020 13:59
Last Modified: 21 Dec 2020 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41630

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum