HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS MENGIKUTI BIMBINGAN KARIR DENGAN KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII SMK MUHAMMADIYAH 1 IMOGIRI BANTUL

Novi Dwi Lestari, NIM. 16220042 (2020) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS MENGIKUTI BIMBINGAN KARIR DENGAN KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII SMK MUHAMMADIYAH 1 IMOGIRI BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS MENGIKUTI BIMBINGAN KARIR DENGAN KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII SMK MUHAMMADIYAH 1 IMOGIRI BANTUL)
16220042_BAB-I_ATAU_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS MENGIKUTI BIMBINGAN KARIR DENGAN KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII SMK MUHAMMADIYAH 1 IMOGIRI BANTUL)
16220042_BAB-II_S.D_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (874kB)

Abstract

Manusia memiliki kebutuhan yang harus terpenuhi seperti sandang, pangan dan papan. Dalam memenuhi kebutuhan tersebut manusia harus bekerja namun, di zaman dewasa ini perkembangan karir mengikuti perkembangan teknologi yang semakin pesat. Sehingga diperlukan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas yang memiliki kesiapan kerja yang baik untuk bersaing dalam memasuki dunia kerja. Dalam menyediakan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas maka pemerintah menyelengarakan pendidikan SMK. Salah satu cara untuk membentuk perilaku kesiapan kerja diadakan program bimbingan karir disekolah agar siswa mampu mengetahui dan memahami diri sehingga siswa dapat menentukan masa depannya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah hubungan intensitas mengikuti bimbingan karir dengan kesiapan kerja siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Imogiri Bantul. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Imogiri Bantul dengan jumlah 437 siswa dengan sampel 81 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunkan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data utama yaitu menggunakan dua skala yang terdiri dari skala intensitas mengikuti bimbingan karir dan skala kesiapan kerja kemudian, skala yang digunakan yaitu Likert dengan 4 alternatif jawaban. Teknik pengumpulan data pelengkap menggunakan wawancara (interview) dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi dan Person Product Moment dengan bantuan SPSS 20.0 for windows. Berdasrkan penelitian yang diperoleh, maka dapat dilihat dan disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini belum dapat diterima, dibuktikan dengan hasil koefisien korelasinya sebesar 0,914 dan nilai signifikan sebesar 0,000 (p<0,05). Hal tersebut menunjukan bahwa tidak ada hubungan positif dan signifikan antara intensitas mengikuti bimbingan karir dengan kesiapan kerja siswa kelas XII SMK Muhammdaiyah 1 Imogiri Bnatul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nailul Falah, S.Ag. M.Si.
Uncontrolled Keywords: Intensitas Mengikuti Bimbingan Karir, Kesiapan Kerja
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 21 Dec 2020 14:09
Last Modified: 21 Dec 2020 14:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41631

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum