Al Dhaka' Al 'atifiy Wa Al Ruhiy Li Al Shakhsi Al Ra'ishiy Barakat Ibn Musa Fi Al Riwayat Al Zayni Barakat Li Jamal Al Ghittani (dirasah Nafsiyah Adabiyah Nazriyah Li Ary Ginanjar Agustian)

Najmuddin, NIM. 15110032 (2020) Al Dhaka' Al 'atifiy Wa Al Ruhiy Li Al Shakhsi Al Ra'ishiy Barakat Ibn Musa Fi Al Riwayat Al Zayni Barakat Li Jamal Al Ghittani (dirasah Nafsiyah Adabiyah Nazriyah Li Ary Ginanjar Agustian). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Al Dhaka' Al 'atifiy Wa Al Ruhiy Li Al Shakhsi Al Ra'ishiy Barakat Ibn Musa Fi Al Riwayat Al Zayni Barakat Li Jamal Al Ghittani (dirasah Nafsiyah Adabiyah Nazriyah Li Ary Ginanjar Agustian))
15110032_BAB-I_IV-ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Al Dhaka' Al 'atifiy Wa Al Ruhiy Li Al Shakhsi Al Ra'ishiy Barakat Ibn Musa Fi Al Riwayat Al Zayni Barakat Li Jamal Al Ghittani (dirasah Nafsiyah Adabiyah Nazriyah Li Ary Ginanjar Agustian))
15110032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Al-żaka‛ul Ãtifĩ Warrũhĩ li Syakhsyi R̃a’isy Barakãt Bin Mũsã fĩ Al-Riwãyah Az-Zayni Barakãt li Jamal Al-Ghiṭṭãnĩ (Dirãsah Nafsiyah Adabiyah Naẓriyah li Ary Ginanjar Agustian). Skripsi ini membahas tentang kualitas kecerdasan emosional dan spiritual tokoh utama Barakat Bin Musa dalam novel Zayni Barakat karya Gamal Al-Ghittani berdasarkan teori psikologi Ary Ginanjar Agustian dan dibantu dengan teori strukturalisme Robert Stanton untuk memahami unsur-unsur instrinsik yang terkandung dalam novel tersebut yang hanya difokuskan pada tema dan tokoh. Novel Zayni Barakat dipilih karena adanya kecerdasan emosional dan spiritual yang dialami Barakat Bin Musa sebagai tokoh utama dalam cerita. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori psikologi Ary Ginanjar Agustian, yaitu sebuah teori mengenai kecerdasan emosional dan spiritual (ESQ) yang merupakan gabungan dari intelligence quotient (IQ), emotional quotient (EQ) dan spiritual quotient (EQ) yang mendasarkan pada tujuh nilai dasar (spiritual core values) yang diambil dari Asma’ul Husna yaitu Al-Mu’min yang melahirkan sikap jujur, Al-Wakĩl yang melahirkan sikap tanggung jawab, Al-Matĩn yang melahirkan sikap Disiplin, Al-Jami’ yang melahirkan sikap kerjasama, Al-‘Adl yang melahirkan sikap adil, Al-Akhĩr yang melahirkan sikap visioner, dan As-sami’ Al-Baṣĩr yang melahirkan sikap peduli. Metode yang digunakan menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu sebuah metode yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan fakta-fakta yang terjadi kemudian disusul dengan analisis. Setelah melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan diatas, maka peneliti mendapatkan hasil yang merupakan kesimpulan dari penelitian ini, yaitu: adanya ketujuh sifat dasar ESQ yang dimiliki oleh tokoh utama Barakat Bin Musa dalam novel Zayni Barakat, ketujuh sifat tersebut adalah jujur, tanggung jawab, disiplin, kerjasama, adil, visioner, dan peduli. Kata kunci : Zayni Barakat, ESQ Ary Ginanjar Agustian, Jamal Al-Ghittani

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. Bermawy Munthe, MA.
Uncontrolled Keywords: Zayni Barakat, ESQ Ary Ginanjar Agustian, Jamal Al-Ghittani
Subjects: Kesusastraan Arab > Bahasa dan Sastra Arab - Analisis Teks
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Dec 2020 14:13
Last Modified: 21 Dec 2020 14:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41636

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum