EFEKTIVITAS PENERAPAN KTSP DALAM PEMBELAJARAN AL QUR'AN HADIS KELAS VIII DI MTs NEGERI YOGYAKARTA I TAHUN PELAJARAN 2009/ 2010

BENNY KURNIAWAN - NIM. 05470027, (2010) EFEKTIVITAS PENERAPAN KTSP DALAM PEMBELAJARAN AL QUR'AN HADIS KELAS VIII DI MTs NEGERI YOGYAKARTA I TAHUN PELAJARAN 2009/ 2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN KTSP DALAM PEMBELAJARAN AL QUR’AN HADIS KELAS VIII DI MTs NEGERI YOGYAKARTA I TAHUN PELAJARAN 2009/ 2010)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (808kB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN KTSP DALAM PEMBELAJARAN AL QUR’AN HADIS KELAS VIII DI MTs NEGERI YOGYAKARTA I TAHUN PELAJARAN 2009/ 2010)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan terhadap kegiatan pembelajaran Al Qur'an Hadits kelas VIII di MTs Negeri Yogyakarta I. Keberhasilan tersebut dilihat berdasarkan standar proses pembelajaran Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan dunia pendidikan, sebagai bahan pemikiran dan pertimbangan terutama dalam pengembangan kurikulum untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif disertai dengan penguatan data kuantitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan mengumpulkan informasi-informasi mengenai keadaan saat ini, dan melihat kaitan antara variable-variabel yang ada. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, angket dan dokementasi, dengan sumber penelitian di MTs Negeri Yogyakarta I. Yang menjadi subyek penelitian adalah Wakil Kepala Madrasah, Wakasek bagian Kurikulum, Guru mata pelajaran Al Qur'an Hadis Kelas VIII , dan 34 siswa Kelas VIII B MTs Negeri Yogyakarta I. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1. Penerapan KTSP dalam kegiatan pembelajaran Al Qur'an Hadits kelas VIII sebagai berikut: a. Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan silabus, dan RPP. guru telah dapat melakukan penyusunan silabus, namun dalam penyusunan RPP guru belum dapat menyusun dengan sempurna.b. Pelaksanaan pembelajaran Al Qur'an Hadis terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Guru dapat melaksanakan kegiatan pendahuluan dengan baik. Dalam kegiatan inti, guru belum dapat melaksanakan proses eksplorasi dengan baik, yaitu guru belum dapat memfasilitasi siswa dengan berbagai media dan sumber pembelajaran. Metode yang digunakan guru adalah ceramah, diskusi, tanya jawab, field studies, penugasan, dan drill. c. Penilaian Hasil belajar. Dalam pembelajaran berdasarkan KTSP, penilaian yang diterapkan adalah penilaian berbasis kelas. Dari penilaian hasil belajar siswa, siswa memperoleh hasil yang baik secara rata-rata, hal tersebut menunjukkan bahwa guru dapat melaksanakan penilaian hasil belajar dengan baik 2. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa sesuai dengan indikator standar proses, penerapan KTSP dalam pembelajaran Al Qur'an Hadits kelas VIII di MTs Negeri Yogyakarta I dinilai cukup efektif. 3. Hambatan-hambatan dan kesulitan yang ditemui dalam penerapan KTSP adalah: kurangnya sosialisasi tentang KTSP di Madrasah, kurangnya sarana/media untuk menunjang kegiatan pembelajaran, dan faktor siswa yaitu tingkat kecerdasan siswa yang menengah ke bawah dan sifat pasif siswa dalam mengikuti pelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Nurrohmah
Uncontrolled Keywords: KTSP, kualitas pembelajaran, hasil belajar siswa.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 16 Aug 2012 14:02
Last Modified: 17 Mar 2017 01:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4165

Actions (login required)

View Item View Item