MAJELIS TABLIGH PIMPINAN WILAYAH MUHAMMADIYAH (PWM) DIY: PERKEMBANGAN DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL KEAGAMAAN MASYARAKAT TAHUN 1995- 2015 M

Muslihatu Nurul ‘Iffah, NIM. 14120090 (2020) MAJELIS TABLIGH PIMPINAN WILAYAH MUHAMMADIYAH (PWM) DIY: PERKEMBANGAN DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL KEAGAMAAN MASYARAKAT TAHUN 1995- 2015 M. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MAJELIS TABLIGH PIMPINAN WILAYAH MUHAMMADIYAH (PWM) DIY: PERKEMBANGAN DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL KEAGAMAAN MASYARAKAT TAHUN 1995- 2015 M)
14120090_BAB-I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (MAJELIS TABLIGH PIMPINAN WILAYAH MUHAMMADIYAH (PWM) DIY: PERKEMBANGAN DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL KEAGAMAAN MASYARAKAT TAHUN 1995- 2015 M)
14120090_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Majelis Tabligh Muhammadiyah merupakan salah satu majelis di Muhammadiyah yang secara khusus bergerak di bidang dakwah. Majelis yang diresmikan pada tahun 1924 M ini bertugas untuk menyampaikan hasil dari Putusan Tarjih kepada masyarakat dan menyerukan ajaran Islam yang sesuai dengan al-Qur’an dan Sunnah Rasul Saw. Pendirian Majelis Tabligh melalui proses yang cukup panjang. Bermula pada pertemuanpertemuan yang diadakan pada acara Pengajian Malam Jum’at tahun 1917 M menjadi titik awal bagi perintisan pembentukan Majelis Tabligh. Majelis Tabligh dalam kurun waktu menuju milenium II, peran serta dan perkembangan gerakan dakwahnya terus berusaha untuk menyesuaikan dengan tantangan zaman. Penelitian ini berupaya melihat perkembangan dan peran serta Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (MT PWM) terhadap kondisi sosial keagamaan yang ada di Wilayah. MT menggunakan metode dakwah kultural, bukan berarti melebur begitu saja dengan budaya masyarakat yang ada namun, metode dakwah yang ada disesuaikan dengan kondisi masyarakat yang ada. Gerakan dakwah Islam yang dilakukan oleh MT PWM DIY melalui Gerakan Jamaah Dakwah Jamaah (GJDJ), Mubalig Hijrah dan lain-lain menjadi ciri yang membedakan gerakan dakwah Muhammadiyah dengan gerakan dakwah lainnya. Segala problematika yang terdapat di masyarakat pada tahun tersebut dapat menjadi gambaran bagi pemetaan dan pembentukan inovasi baru untuk menyebarkan dakwah Islam di berbagai kalangan dan zaman. Penelitian ini menggabungkan antara library research dan field research dengan menggunakan pendekatan sosiologi dan teori evolusi sosial universal yang dikemukakan oleh Herbert Spencer dan teori struktural fungsional Talcott Parsons sebagai alat analisis penelitian ini. Selain itu, peneliti menggunakan metode sejarah yang meliputi heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi sehingga dapat membantu dalam mengungkap peristiwa secara kronologis, sistematis, serta sesuai dengan fakta sejarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Riswinarno, S.S., M.M.,
Uncontrolled Keywords: agama, pendidikan, budaya
Subjects: Budaya dan Agama
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 22 Dec 2020 13:26
Last Modified: 22 Dec 2020 13:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41655

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum