SEJARAH PONDOK PESANTREN TURKI (PONDOK PESANTREN SULAIMANIYAH) YOGYAKARTA

MUHORIB ALHILALI, NIM: 15120077 (2020) SEJARAH PONDOK PESANTREN TURKI (PONDOK PESANTREN SULAIMANIYAH) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SEJARAH PONDOK PESANTREN TURKI (PONDOK PESANTREN SULAIMANIYAH) YOGYAKARTA)
15120077_PRABAB_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN_RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (SEJARAH PONDOK PESANTREN TURKI (PONDOK PESANTREN SULAIMANIYAH) YOGYAKARTA)
15120077_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Pondok Pesantren Sulaimaniyah merupakan salah satu dari sekian banyak pondok pesantren yang berada di Sleman Yogyakarta. Pondok Pesantren Sulaimaniyah merupakan cabang dari IFA (International Fraternity Assosiation) atau Yayasan Persaudaraan Internasional di Turki. Hal ini menarik untuk diteliti mengingat pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tradisional yang lahir di Indonesia, sedangkan pondok pesantren Sulaimaniyah merupakan salah satu cabang lembaga pendidikan Islam dari Turki. Karena merupakan cabang dari pondok pesantren Turki maka memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dari pondok pesantren yang ada di Indonesia pada umumnya. Adapun perbedaannya terletak pada sistem pengajaran yamg mendapat kontrol dari pusat di Turki, aturan-aturan berbasis tasawuf, kegiatan belajar para santri yang terintegrasi dengan bahasa Turki, budaya Turki yang dikenalkan kepada santridan beasiswa penuh pendidikan lanjutan ke Turki yang diberikan kepada santri. Dalam penelitian ini terdapat tiga rumusan masalah yaitu : latar belakang berdirinya Pondok Pesantren Turki (Pondok Pesantren Sulaimaniyah), sejarah dan perkembangannya serta kontribusinya terhadap pendidikan agama santri di Padukuhan Santren Sleman Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti yaitu Sosiologi. Teori yang digunakan adalah Continuity and Change oleh Jhon Obert Voll. Metode yang digunakan yaitu metode sejarah, yang meliputi empat langkah yaitu heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pondok PesantrenSulaimaniyah mempunyai bentuk yang khas dan berbeda dengan pondok pesantren pada umumnya. Perbedaan yang terlihat dari kegiatan yang ada di pondok dengan berbasis tasawuf dan tarekat yang diikuti kalangan mahasiswa, sistem pengajaran yang terintegrasi dengan bahasa Turki serta pendidikan Tekamul (beasiswa pendidikan Islam lanjutan ke Turki). Selain itu, dinamika yang terjadi dari awal perintisan dan perkembangan Pondok Pesantren Sulaimaniyah menunjukan adanya kontribusi yang terfokus kepada santri. Menyiapakan para santri untuk berangkat ke Tekamul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Maharsi, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren Turki
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 22 Dec 2020 14:24
Last Modified: 22 Dec 2020 14:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41658

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum