MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PBA FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (STUDI KORELASI DAN KOMPARASI)

CECEP ABDULLAH - NIM. 05420084-04, (2010) MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PBA FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (STUDI KORELASI DAN KOMPARASI). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PBA FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (STUDI KORELASI DAN KOMPARASI))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (889kB) | Preview
[img] Text (MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PBA FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (STUDI KORELASI DAN KOMPARASI))
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Motivasi mahasiswa dalam memilih jurusan PBA, Hubungan motivasi dengan prestasi belajar mahasiswa jurusan PBA dan untuk mengetahui perbedaan tingkat motivasi dan prestasi belajar mahasiswa jurusan PBA berdasarkan jenis kelamin, latar belakang sekolah dan alternatif memilih jurusan PBA. Latar belakang penelitian ini adalah idealnya mahasiswa yang memiliki motivasi yang tinggi seyogyanya memperoleh prestasi yang tinggi pula dan idealnya mereka juga memilih jurusan PBA sebagai alternatif pertama, akan tetapi dari hasil wawancara pra penelitian, masih ada mahasiswa yang memilih kuliah di jurusan PBA atas dasar tidak diterimanya pada pilihan pertama atau kedua yang dinginkan, sehingga penulis ingin mengetahui lebih dalam tentang motivasi dan prestasi belajar mahasiswa jurusan PBA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil lokasi di jurusan PBA Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Interview, Observasi, Dokumentasi dan Angket (kuesioner). Subyek penelitian ini adalah ketua jurusan PBA dan mahasiswa jurusan PBA. Data yang bersumber dari ketua jurusan PBA diperoleh dengan metode interview, sedangkan data yang bersumber dari mahasiswa diperoleh dengan metode angket. Data prestasi belajar diperoleh dari Indeks Prestasi Kumulatuf (IPK) mahasiswa jurusan PBA yang diperoleh dengan metode dokumentasi. Metode observasi dilakukan untuk memperoleh gambaran letak geografis jurusan PBA. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis Distribusi Frekuensi, Standar Deviasi, Korelasi Product Moment, t Tes dan Analysis Of Variance (ANOVA). Untuk analisis Korelasi Product Moment, t Tes dan Analysis Of Variance penulis menggunakan program SPSS versi 12. Hasil penelitian menunjukan: 1) Tingkat motivasi mahasiswa memilih kuliah di jurusan PBA berada pada kategori sedang. 2) Tingkat prestasi belajar mahasiswa jurusan PBA berada pada kategori memuaskan. 3) Analisis korelasional menunjukan adanya hubungan positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa jurusan PBA. 4) {a} Analisis komparasi motivasi belajar berdasarkan jenis kelamin menunjukan adanya perbedaan tingkat motivasi belajar, sementara pada prestasi belajar menunjukan tidak terdapat perbedaan tingkat prestasi. {b} Analisis komparasi motivasi maupun prestasi belajar berdasarkan latar belakang sekolah menunjukan tidak terdapat perbedaan tingkat motivasi maupun prestasi belajar. {c} Analisis komparasi motivasi maupun prestasi belajar berdasarkan alternatif memilih jurusan PBA menunjukan tidak terdapat perbedaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Abdul Munif, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Motivasi, prestasi belajar
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 27 Aug 2012 12:29
Last Modified: 04 Apr 2017 04:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4167

Actions (login required)

View Item View Item