Mahfum Al Insaniyyah Fi Al Syi'ri Manfa Fi Al Diwan Ka Al Zahra Al Lauzi Au Ab'ad Li Mahmud Darwisy (dirasah Tahliliyyah Li Michael Riffaterre)

Anna Zakiah Derajat, NIM. 16110083 (2020) Mahfum Al Insaniyyah Fi Al Syi'ri Manfa Fi Al Diwan Ka Al Zahra Al Lauzi Au Ab'ad Li Mahmud Darwisy (dirasah Tahliliyyah Li Michael Riffaterre). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Mahfum Al Insaniyyah Fi Al Syi'ri Manfa Fi Al Diwan Ka Al Zahra Al Lauzi Au Ab'ad Li Mahmud Darwisy (dirasah Tahliliyyah Li Michael Riffaterre))
16110083_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Mahfum Al Insaniyyah Fi Al Syi'ri Manfa Fi Al Diwan Ka Al Zahra Al Lauzi Au Ab'ad Li Mahmud Darwisy (dirasah Tahliliyyah Li Michael Riffaterre))
16110083_BAB-II_Sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Mahfum Al-Insaniyyah fi Al Syi‘ri Manfa fi Al Diwan Ka Al Zahra Al Lauzi Au Ab‘ad Li Mahmud Darwisy (Dirasah Tahliliyyah Li Michael Riffaterre. Persoalan yang dirumuskan terkait dengan sastra perlawanan Palestina, analisis puisi perlawanan Mahmoud Darwish yang berjudul Manfa, yang menghasilkan bagaimana konsep humanisme Mahmoud Darwish, dan hubungan intertekstual puisi yang berjudul Manfa karya Mahmoud Darwish. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep humanisme Mahmoud Darwish dalam puisi Manfa karya Mahmoud Darwish. Objek material tulisan ini adalah puisi Manfa dalam antologi puisi Ka Al Zahra Al Lauzi Au Ab‘ad karya Mahmoud Darwish dan objek formalnya adalah konsep humanisme dengan menggunakan pendekatan semiotik Riffaterre. Dalam teorinya, Michael Riffaterre mengenalkan dua level pembacaan, yaitu heuristik (pembacaan mimetis, didasarkan pada arti kamus, bercirikan ketidakgramatikalan) dan retroaktif atau hermeneutik (proses pembacaan dekoding dengan mencari model, matriks, varian dan hipogram. Penelitian ini menghasilkan bahwa konsep humanisme Mahmoud Darwish dapat dilihat pada simbol-simbol yang ada di puisi Manfa . bagaimana ia menggambarkan rasa kepedulian pada rakyat Palestina, dengan memompa semangat juang rakyat Palestina melalui puisinya untuk berpartisipasi melakukan perlawanan. Puisi Manfa dalam pembacaan heuristik masih tersebar, tepisah-pisah, dan belum memusat. Dalam pembacaan hermeneutik, menunjukkan gagasan bahwa si aku memiliki kehidupan seperti labirin yang penuh teka-teki, seperti takdir yang tidak satu pun di antara manusia yang mengetahuinya, dan seperti baja yang ditempa namun tetap kuat. Model dari puisi ini adalah la ard}a d}ayyiqatu kaas}is}u al wurud kaard}aka anta, al samau al qadimatu s}afiyatu al launi wa al zihni in lam yukhanniy al khayal taz}ullu ‘ala khaliha mis|lu s}urataha fi mukhayyalatiy, ‘ala zagabi al ard}i—qala, fainna al gurub yu‘idu al garib ila biarihi, mis|lu agniyah la tuganni, kaanna al majazi yanamu ‘ala d}affati al nahari. Matriks puisi yaitu 'humanisme' yang diasosiasikan dengan filsafat utilitarianisme. Hipogram aktual yang menjadi latar terbentuknya matriks adalah sikap manusia dalam menghadapi masalah kehidupan. Hal ini menampilkan perbedaan sikap manusia dalam menghadapi suatu permasalahan. Seseorang memutuskan suatu pilihan itu pastilah dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antarnya usia, keluarga, kematangan emosi, pengalaman dan lingkungan sosial. Kata kunci: Sastra Perlawanan, Mahmoud Darwish, Humanisme, Simbol-Simbol Perlawanan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ridwan, S.Ag M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Sastra Perlawanan, Mahmoud Darwish, Humanisme, Simbol-Simbol Perlawanan
Subjects: Kesusastraan Arab > Frase - Analisis
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Dec 2020 10:42
Last Modified: 23 Dec 2020 10:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41672

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum