Peranan Media Pembelajaran dalam Mata Pelajaran Fiqih terhadap Minat Belajar Siswa di Kelas II MTs Ibnul Qoyyim

Ria Kurniati, NIM 00410024 (2005) Peranan Media Pembelajaran dalam Mata Pelajaran Fiqih terhadap Minat Belajar Siswa di Kelas II MTs Ibnul Qoyyim. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Peranan Media Pembelajaran dalam Mata Pelajaran Fiqih terhadap Minat Belajar Siswa di Kelas II MTs Ibnul Qoyyim)
00410024_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (Peranan Media Pembelajaran dalam Mata Pelajaran Fiqih terhadap Minat Belajar Siswa di Kelas II MTs Ibnul Qoyyim)
00410024_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

RIA KURNIATI. Peranan Media Pembelajaran dalam Mata Pelajaran Fiqih terhadap Minat Belajar Siswa di Kelas II MTs Ibnul Qoyyim Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2005 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang peranan media pembelajaran dalam mata pelajaran fiqih di kelas II MTs Ibnul Qoyyim Yogyakarta. Hasil penalitian ini diharapkan akan dapat digunakan sebagai acuan untuk memberdayakan guru secara maksimal serata melengkapi media pembelajaran yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di MTs Ibnul Qoyyim Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan maka terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut kemudian ditarik kesimpulan Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi yang hanya meggunakan dua modus saja yaitu membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, dan membandingkan hasil wawancara dengan ist suatu dokumen yang berkaitan Hasil penelitian menunjukkan (1) Penggunaan media pembelajaran tidak hanya terbatas pada satu jenis media saja, melainkan media media pembelajaraan yang digunakan dalam pelajaran fiqih adalah papan tulis, televisi, video atau VCD dan pemanfaatan sumber belajar di perpustakaan Masing-masing media tersebut disesuaikan dengan materi dan metode yang diberikan kepada siswa (2) Peranan media pembelajaran dalam membangkitkan minat belajar siswa adalah dengan bantuan media dapat memperjelas pesan dan informasi, media menyeragamkan persepsi dan pemahaman siswa supaya tidak ada kesalahan dalam menerima pesan guru, memberikan pengalaman belajar secara langsung, selain itu media juga dapat mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Fikih
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Agama (Religion)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: sri astuti astuti astuti
Date Deposited: 08 Jan 2021 10:03
Last Modified: 08 Jan 2021 10:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41685

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum