Pemikiran Ibn ‘Arabi tentang Pemahaman Ketuhanan dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam

Imam Hanafi, NIM 00410150 (2004) Pemikiran Ibn ‘Arabi tentang Pemahaman Ketuhanan dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Pemikiran Ibn ‘Arabi tentang Pemahaman Ketuhanan dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam)
00410150_BAB I_V_DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (Pemikiran Ibn ‘Arabi tentang Pemahaman Ketuhanan dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam)
00410150_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

STRAK Imam Hanafi NIM 00410150 Proses pembelajaran yang bersifat teoritis (atas nama Tuhan), akan melahirkan generasi yang lemah dalam kepekaan sosialnya, dalam arti kurang memiliki sense of sensibility, karena berpatokan pada “jaminan Teosentrisme” yang sangat egois. Tuhan dipandang sebagai hak miliknya, sementara orang lain yang mempunyai Tuhan yang berbeda, bukan bagian dari dirinya. Dengan usaha untuk menggali dan menafsirkan Kembali beberapa pemikiran Ibn ‘Arabi tentang pemahaman ke-Tuhanan, maka kita akan terbebas dan melepas klaim-klaim kebenaran dan penyelamatan yang berlebihan, dan kemudian memperluas pandangan yang inklusif dan pluralis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran Ibn “Arabi tentang pemahaman Ketuhanan dan untuk mengetahui implikasi pemikiran Ibn ‘Arabi terhadap Pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian literatur. Data dianalisis dengan metode penelitian filsafat. Peneltian ini menyimpulkan bahwa Ibnu “Arabi mempunyai pandangan bahwa dalam memahami Allah mempunyai 2 hal, yaitu Tuha dalam pengetahuan, konsep, penangkapan atau persepsi manusia. Kedua memahami Tuhan sebagai Wujud yang mutlak, Tuhan yang mengatasi dan jauh berada di atas persepsi manusia sendiri yang serba nisbi. Misi terpenting bagi Pendidikan Islam adalah bagaimana mengupayakan proses humanisme dari segenap potensi diri siswa, yang menuju pada taraf god-consiouness (kesadaran Tu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: sri astuti astuti astuti
Date Deposited: 08 Jan 2021 10:03
Last Modified: 08 Jan 2021 10:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41687

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum