SISTEM REKRUTMEN PETUGAS HAJI DAERAH OLEH BIRO BINA MENTAL SPIRITUAL SEKRETARIAT DAERAH, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2018-2019

NATASHA ANGGIA, NIM 16240001 (2020) SISTEM REKRUTMEN PETUGAS HAJI DAERAH OLEH BIRO BINA MENTAL SPIRITUAL SEKRETARIAT DAERAH, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2018-2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SISTEM REKRUTMEN PETUGAS HAJI DAERAH OLEH BIRO BINA MENTAL SPIRITUAL SEKRETARIAT DAERAH, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2018-2019)
16240001_BAB-I_ATAU_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (SISTEM REKRUTMEN PETUGAS HAJI DAERAH OLEH BIRO BINA MENTAL SPIRITUAL SEKRETARIAT DAERAH, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2018-2019)
16240001-BAB=II_S.D_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Sistem Rekrutmen Petugas Haji Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan hambatan selama proses rekrutmen. Penelitian ini di latarbelakangi oleh nilai indeks pelayanan petugas haji tahun 2019 yang mengalami penurunan sebesar -0,03 poin. Rekrutmen petugas haji daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2018 terkesan mepet pada pelaksanaannya, contohnya rekrutmen petugas bidang pembimbing ibadah haji dilaksanakan pada Februari 2019 disebabkan adanya kebijakan baru mengenai petugas pembimbing ibadah wajib berasal dari unsur Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). Kedua hal tersebut harus diatasi dengan baik agar tidak terjadi pada tahun berikutnya. Suksesnya penyelenggaraan ibadah haji salah satunya dipengaruhi oleh petugas haji yang profesional, kompeten, dan memiliki kinerja yang baik melalui sistem rekrutmen yang baik pula. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deksriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara yang mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teori yang digunakan adalah teori prinsip-prinsip rekrutmen Veithzal Rivai, teori rekrutmen Prof. Dr.H. Suwanto dan Donni Juni Priansa. xii Hasil penelitian ini adalah Sistem Rekrutmen Petugas Haji Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang dilaksanakan oleh Biro Bina Mental Spiritual Sekretariat Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta telah dilaksanakan secara sistematis berdasarkan prinsip-prinsip rekrutmen. Prinsi-prinsip rekrutmen dilaksanakan untuk memperoleh petugas haji yang profesional dan kompeten. Prinsip-prinsip rekrutmen yang telah dilaksanakan adalah penjaminan mutu bagi petugas haji daerah Provinsi DIY dapat dilihat dari kinerja, kepribadian, dan komitmen yang dimiliki calon petugas haji daerah melalui seleksi administrasi, tes tertulis, wawancara, dan hasil psikotes. Hambatan berasal dari kebijakan baru yang terkesan mepet, persyaratan-persyaratan yang terkesan rumit, anggaran, dan keterbatasan sumber daya manusia yang ada di Biro Bina Mental Spiritual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mokh. Nazili, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Sistem, Rekrutmen, Petugas Haji Daerah, Biro Bina Mental Spiritual Sekretariat Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta.
Subjects: Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 29 Dec 2020 11:12
Last Modified: 29 Dec 2020 11:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41738

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum