METODE PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK R2 KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN 2018-2019

Rizqi Atsiyl Labiybah, NIM 16240057 (2020) METODE PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK R2 KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN 2018-2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK R2 KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN 2018-2019)
16240057_BAB I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (METODE PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK R2 KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN 2018-2019)
16240057_BAB II_BAB III.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sumber daya manusia sebagai salah satu faktor kunci keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuannya. Keberhasilan organisasi sangat ditentukan oleh mutu SDM sebagai modal utama (human capital), dalam menjalankan lembaga yang bergerak di bidang pendidikan tentu membutuhkan pengembangan sumber daya manusia yang baik, dengan demikian setiap kegiatan dapat berjalan efektif. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek R2 Krapyak Yogyakarta. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah asa>tiz|ah, pengurus departemen keagamaan, dan santri. Observasi yang digunakan adalah observasi partisipatif, sedangkan dokumentasi berupa struktur organisasi dan foto kegiatan pengembangan SDM. Teknik analisis data melalui beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik diantaranya wawancara, dokumentasi, dan observasi, sedangkan triangulasi sumber diperoleh dari tiga informan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini, metode pengembangan sumber daya manusia di Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek R2 menggunakan tiga dari empat teori Andrew E. Sikula. Metode yang diterapkan yaitu metode pelatihan, rotasi jabatan, dan coaching yang sudah dilakukan dengan baik. Pelatihan sudah terlaksana dan memberi manfaat bagi asa>tiz|ah, rotasi jabatan dilakukan saat terjadi penumpukan jadwal, sedangkan metode coaching dapat membentuk skala prioritas asa>tiz|ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Andy Dermawan, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Sumber Daya Manusia, Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek R2 Krapyak Yogyakarta.
Subjects: Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 29 Dec 2020 11:43
Last Modified: 29 Dec 2020 11:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41742

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum