Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Pengajaran Bahasa Arab Siswa Kelas I MTsN Malang I

Millah Izzati, NIM 00420133 (2005) Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Pengajaran Bahasa Arab Siswa Kelas I MTsN Malang I. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Pengajaran Bahasa Arab Siswa Kelas I MTsN Malang I)
00420133_BAB I_IV_DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Pengajaran Bahasa Arab Siswa Kelas I MTsN Malang I)
00420133_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Pengajaran Bahasa Arab Siswa Kelas I MTsN Malang I Millah Izzati NIM 00420133 Salah satu metode dan strategi pengajaran Bahasa adalah Contextual Teaching and Learning (CTL). Dalam CTL ini mempunyai prinsip bahwa Bahasa harus diajarkan dengan komunikatif dan pengajaran harus menyenangkan serta tidak membosankan. MTsN Malang I adalah salah satu Lembaga Pendidikan yang menggunakan metode dan strategi CTL ini, karena salah satu tujuannya adalah agar siswa dapat berkomunikasi dengan Bahasa Aran dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Contectual Teaching and Leraning (CTL) dalam pengajaran Bahasa Arab di MTsN Malang I. Selain itu untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan metode Contectual Teaching and Leraning (CTL) dalam pengajaran Bahasa Arab di MTsN Malang I. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah MTsN Malang I beserta staffnya, Guru bidang studi Bahasa Arab dan siswa kelas I MtsN Malang I. Data di penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi, interview, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang bersifat deskriptif analitik. Kerangka analisis menggunakan metode berfikir induktif. Hasil penelitian menunjukkan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pengajaran Bahasa Arab di MTsN Malang I dilaksanakan sesuai teori CTL. Tujuan diterapkannya Contextual Teaching and Learning (CTL) telah tercapai, yaitu menyenangkan dan komnikatif. Pembelajaran dengan cara menemukan sendiri (Inquiry) dan bertanya (questioning) membuat siswa mengingat pengetahuan dalam jangka waktu Panjang. Evaluasi selama proses belajar mengajar memberikan data yang lebih valid tentang perkembangan belajar dan kemempuan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Zainal Arifin A., M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sri astuti astuti astuti
Date Deposited: 12 Jan 2021 10:48
Last Modified: 12 Jan 2021 10:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41747

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum