MEMBANGUN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI DANA DESA : Analisis Pengelolaan Dana Desa di Desa Wukirsari Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul

Syarif Hidayat, NIM. 15230040 (2020) MEMBANGUN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI DANA DESA : Analisis Pengelolaan Dana Desa di Desa Wukirsari Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MEMBANGUN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI DANA DESA : Analisis Pengelolaan Dana Desa di Desa Wukirsari Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul)
15230040_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MEMBANGUN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI DANA DESA : Analisis Pengelolaan Dana Desa di Desa Wukirsari Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul)
15230040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Momentum adanya pengalokasian dana desa dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), memberikan nafas segar bagi desa. Tujuan pemberian dana desa ini diprioritaskan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan berskala lokal desa bidang pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa. Dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagai salah satu amanat dari dana desa, dibutuhkan kebijakan yang mendukung proses pembangunan masyarakat. Adanya dana desa memiliki peran penting dalam penyusunan kebijakan dari pemerintah desa untuk membangun kesejahteraan masyarakat, dengan pemanfaatan dan pengelolaan yang efektif dan efisien. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses perencanaan pengelolaan kebijakan dana desa, strategi kebijakan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui dana desa, dan dampak dari pengelolaan dana desa dalam membangun kesejahteraan masyarakat di Desa Wukirsari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berbasis studi di lapangan. Informan pada penelitian ini adalah pemerintah desa, BPD, dan masyarakat. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis pengelolaan dana desa ini di fokuskan selama tiga tahun anggaran, yaitu tahun 2017 sampai dengan 2019. Hasil dari penelitan ini menunjukkan bahwa pengelolaan kebijakan dana desa di Desa Wukirsari telah sesuai dengan regulasi yaitu Permendagri Nomor 114 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan desa, mulai dari proses perencanaan kebijakan, pelaksanaan, penatausahaan, pengawasan, dan pertanggungjawaban. Dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui dana desa, pemerintah desa membuat strategi kebijakan melalui program-program yang dituangkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa setiap tahunnya. Strategi kebijakan ini berpedoman pada regulasi dalam Permendes PDTT yang mengatur tentang prioritas penggunaan dana desa setiap tahunnya. Sedangkan dampak kesejahteraan dari pengelolaan dana desa ini telah dirasakan oleh masyarakat, seperti pembangunan infrstruktur, dukungan produk unggulan desa, serta penguatan ekonomi masyarakat miskin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdur Rozaki, S.Ag, M. Si
Uncontrolled Keywords: Dana Desa, Kebijakan, Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 30 Dec 2020 10:26
Last Modified: 30 Dec 2020 10:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41755

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum