HISTORIOGRAFI ALI HASJMY: KONTRIBUSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENULISAN SEJARAH ISLAM ACEH (TAHUN 1950-1983 M)

Dyah Lucky Febyantina, NIM. 14120022 (2019) HISTORIOGRAFI ALI HASJMY: KONTRIBUSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENULISAN SEJARAH ISLAM ACEH (TAHUN 1950-1983 M). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HISTORIOGRAFI ALI HASJMY: KONTRIBUSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENULISAN SEJARAH ISLAM ACEH (TAHUN 1950-1983 M))
14120022_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HISTORIOGRAFI ALI HASJMY: KONTRIBUSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENULISAN SEJARAH ISLAM ACEH (TAHUN 1950-1983 M))
14120022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Aceh merupakan salah satu daerah yang banyak menghasilkan karya sastra Melayu. Karya-karya tersebut di kemudian hari menjadi sumber sejarah yang banyak digunakan dalam penelitian sejarah. Ali Hasjmy adalah tokoh intelektual Aceh yang dikenal sebagai seorang sastrawan, ulama, politikus, dan sejarawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana peran dan pengaruh historiografi Ali Hasjmy dalam penulisan sejarah Islam Aceh. Ada beberapa hal yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu perkembangan historiografi Islam Aceh sebelum Ali Hasjmy, perannya dalam historiografi Islam Aceh serta pengaruhnya dalam penulisan sejarah Islam Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan bibliografi dan konsep yang digunakan adalah konsep sejarah lokal yang dikemukakan oleh Taufik Abdullah. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka dengan menggunakan metode sejarah. Adapun langkah-langkah yang dilakukan adalah heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Hasil dari penelitian ini adalah karya-karya Ali Hasjmy menambah koleksi literatur tentang sejarah Islam Aceh. Adapun pengaruhnya dalam perkembangan historiografi Islam yaitu terlihat dari metode yang digunakannya dalam menulis. Dia menggunakan metode sejarah dan melakukan penelitian yang mendalam terhadap tema yang ditulisnya. Tema dari historiografi Ali Hasjmy berkisar pada Aceh di masa kerajaa-kerajaan Islam dan perjuangan rakyat Aceh dalam merebut kemerdekaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sujadi, M.A
Uncontrolled Keywords: Ali Hasjmy, Historiografi Islam Aceh, Sejarah Aceh
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 04 Jan 2021 13:32
Last Modified: 04 Jan 2021 13:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41788

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum