PERAN NYAI HJ. HAMNAH DALAM PENYEBARAN TAREKAT TIJANIYAH DI PARAKAN, MALEBER, KUNINGAN JAWA BARAT TAHUN 1988-2004 M

Laelatul Hikmah, NIM. 14120095 (2020) PERAN NYAI HJ. HAMNAH DALAM PENYEBARAN TAREKAT TIJANIYAH DI PARAKAN, MALEBER, KUNINGAN JAWA BARAT TAHUN 1988-2004 M. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN NYAI HJ. HAMNAH DALAM PENYEBARAN TAREKAT TIJANIYAH DI PARAKAN, MALEBER, KUNINGAN JAWA BARAT TAHUN 1988-2004 M)
14120095_BAB-I-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN NYAI HJ. HAMNAH DALAM PENYEBARAN TAREKAT TIJANIYAH DI PARAKAN, MALEBER, KUNINGAN JAWA BARAT TAHUN 1988-2004 M)
14120095_BAB-II-sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas peran Nyai Hj. Hamnah dalam penyebaran Tarekat Tijaniyah di Parakan, Maleber, Kuningan tahun 1988-2004 M. Fokus penelitian ini meliputi 3 bahasan utama yaitu penyebaran Tarekat Tijaniyah di Parakan Maleber Kuningan tahun 1988-2004M, peran Nyai Hj. Hamnah dalam penyebaran Tarekat Tijaniyah di Parakan dan dampakajaran Tarekat Tijaniyah bagi para pengikutnya. Penelitian ini dibatasi antara tahun 1988-2004 M dengan alasan tahun 1988 merupakan awal mula Nyai Hj. Hamnah membentuk kelompok tijaniyah dari kalangan perempuan sedangkan tahun 2004 semua aktivitas Nyai Hj. Hamnah mulai digantikan oleh putranya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan biografis dan sosiologi. Pendekatan biografis digunakan untuk memahami riwayat hidup Nyai Hj. Hamnah dari mulai latar belakang keluarga sampai masa akhir hidup Nyai Hj. Hamnah. Sedangkan pendekatan sosiologis digunakan untuk memahami kondisi sosial masyarakat Parakan Maleber Kuningan tahun 1988-2004 M dan interaksi sosial antara guru dengan murid, murid dengan murid. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori difusi dan teori peran. Teori difusi untuk menjelaskan penyebaran Tarekat Tijaniyah yang dilakukan oleh Nyai Hj. Hamnah di Parakan Maleber Kuningan tahun 1988-2004 M. Sedangkan teori peran yang dikemukakan oleh Soerjono Soekanto digunakan untuk menjelaskan peran yang dilakukan oleh Nyai Hj. Hamnah dalam penyebaran tarekat tersebut.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yaitu heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiogafi sehingga dapat membantu dalm mengungkap peristiwa secara kronologis, sistematis serta sesuai dengan fakta sejarah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama, penyebaran Tarekat Tijaniyah menggunakan pola sosial keagaamaan. Berupa pengajian rutin, pengajian malam Jum‟at Kliwon dan dakwah di acara keagamaan. Kerangka teori difusi mampu menunjukan bahwa dalam penyebar luasan tarekat tijaniyah ada memiliki pola sosial keagamaan terutama terkait dengan pola pengajian, pembacaan wirid dan bai‟at serta dakwah di acara pengajian yang dilakukan oleh Nyai Hj. Hamnah. Kedua, peran yang dilakukan Nyai Hj. Hamnah untuk penyebar luasan tarekat yaitu sebagai guru tarekat, sebagai penceramah perempuan dan mengenalkan diba’an Buntet kepada Masyarakat Parakan Maleber Kuningan. Ketiga, dampak ajaran Tarekat Tijaniyah bagi para pengikutnya di Parakan Maleber Kuningan meliputi dampak terhadap kepribadian anggota, setelah menjadi anggota Tarekat Tijaniyah dan aktif serta mempraktikan ajarannya merasa tentram, tenang dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dampak keagamaan yaitu lebih tertata nya dalam melakukan kegiatan keagamaan seperti pengajian dan melaksanakan wirid. Sedangkan dampak sosial yaitu para pengikut tarekatmemiliki ikatan sosial yang lebih kuat antar pengikut tarekat maupun non tarekat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nurul Hak, S.Ag., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Nyai Hj. Hamnah, Tarekat Tijaniyah, Desa Parakan
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 05 Jan 2021 09:29
Last Modified: 05 Jan 2021 09:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41792

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum