KONSELING KRISIS DALAM MENINGKATKAN SELF ESTEEM PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA (BPRSW) YOGYAKARTA

Efa Findriani, NIM: 16220054 (2020) KONSELING KRISIS DALAM MENINGKATKAN SELF ESTEEM PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA (BPRSW) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSELING KRISIS DALAM MENINGKATKAN SELF ESTEEM PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA (BPRSW) YOGYAKARTA)
16220054_BAB-I_ATAU_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (KONSELING KRISIS DALAM MENINGKATKAN SELF ESTEEM PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA (BPRSW) YOGYAKARTA)
16220054_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penelitian yang dilakukan oleh Rifka Anissa Woman’s Crisis Center, menyebutkan bahwa perempuan korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) mempunyai penghargaan diri sendiri (self esteem) yang rendah, sehingga cenderung pasrah dan mengalah sehingga diperlukan penanganan untuk meningkatkan self esteem tersebut. Kemudian Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial merupakan rujukan dari berbagai lembaga yang menangani permasalahan perempuan serta menyediakan Rumah Perlindungan Trauma Center (RPTC) sebagai penanganan traumatis yang bersifat segera. Selain itu, korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) harus mendapatkan penanganan dengan segera untuk meningkatkan self esteem guna untuk menjalani kembali kehidupan dalam bermasyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan tahapan konseling krisis dalam meningkatkan self esteem perempuan Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang dilakukan oleh Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Wanita (BPRSW) Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah psikolog, pendamping wisma dan konseli. Objek penelitian ini adalah tahapan konseling krisis dalam meningkatkan self esteem yang dilakukan oleh Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Wanita (BPRSW) Yogyakarta. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan, analisis data penelitian dengan menggunakan teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan tahapan konseling krisis dalam meningkatkan self esteem yang dilakukan oleh Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Wanita (BPRSW) Yogyakarta, yaitu: tahap awal, tahap pertengahan dan tahap akhir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Irsyadunnas, M.Ag
Uncontrolled Keywords: konseling krisis, self esteem, korban KDRT.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 05 Jan 2021 12:16
Last Modified: 05 Jan 2021 12:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41801

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum